ads

15 Agustus 2021

  • Follow us

Mendukung Kesiapan Papua Menyelenggarakan PON XX yang Sehat dan Aman

 

Oleh: Abner Wanggai 

Editor : Ida Bastian


Papua telah siap menjadi tempat berkobarnya semangat para atlet Indonesia yang akan berjuang di 37 cabang olahraga. Kita ketahui  bersama bahwa PON XX di Papua berlokasi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, serta Kabupaten Merauke. Di lokasi-lokasi itulah para atlet akan bertanding sportif meraih kemenangan sejati.


Sementara itu, Stadion Lukas Enembe, Koya Koso, dan Timika adalah beberapa tempat yang akan siap mewadahi keringat dan semangat para atlet profesional Indonesia. Masyarakat Papua dan rakyat Indonesia tentu sangat mendukung perhelatan akbar ini. Tidak hanya warga di Bumi Cendrawasih yang tidak sabar menantinya, melainkan seluruh masyarakat Indonesia, bahkan warganet di seluruh dunia juga menantikan PON XX meski menyaksikan pertandingannya via streaming. 


Oleh karena itu, pelaksanaan PON XX Papua akan memperhatikan aspek Kesehatan (standar prokes ketat) dan keamanan (aman dari aksi kekerasan KST). Isu keamanan dan kesehatan tersebut masih menjadi dua isu krusial jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.


Menjawab wacana tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menegaskan tidak akan ada penundaan kejuaraan serta vaksinasi untuk partisipasi PON Papua 2021. 


Di samping itu, Walikota Jayapura, Benhur Tami Mano, bersama TNI dan Polri telah melaksanakan gebyar vaksinasi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Merauke. Antusias masyarakat pun sangat tinggi mengikuti vaksinasi Covid-19 tersebut. 


Hal ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo bahwa masyarakat yang tinggal dekat dengan venue harus divaksin. Termasuk mereka yang menjual aksesoris-aksesoris dan para penonton. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 apalagi terbentuknya klaster baru.


Oleh karena itu, mari kita dukung suksesnya PON XX Tahun 2021 di Papua dengan membangun narasi positif di berbagai ruang media publik yang dapat menumbuhkan optimisme serta soliditas guna bersama-sama membangun kebanggaan bangsa demi PON XX yang sehat dan aman.

Penulis adalah Mahasiswa Papua di Jakarta