ads

13 Agustus 2021

Bupati Batu Bara Buka Launching Platform Sahabat Guru

Bupati Batu Bara Buka Launching Platform Sahabat Guru

 


BATU BARA, LintasTotabuan.com - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP yang juga sebagai Kepala Bidang Pendidikan di Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ikut membuka launching "PLATFORM SAHABAT GURU" di Aula Rumah Dinas Bupati, Kamis (12/08/2021). 


Launching berlangsung secara virtual yang berpusat di Kabupaten Sleman, yang dihadiri Ketua UMUM APKASI - Sutan Riska, Johnny G. Plate (Menteri Komunikasi & Informatika Republik Indonesia) Ibu Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo (Bupati Sleman). Bapak Prof. Drs. Suyanto, M.ED.,PH.D (GURU BESAR UNY & ANGGOTA BSNP KEMDIKBUDRISTEKDIKTI). Bapak Ir. Drs. DJOHAN YOGA, M.SC., MOT, PH.D (Pengembang Inovasi Pendidikan, International Certified Trainer In Education For Asia)


Launching Platform Sahabat Guru mengambil tema  "Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi dan Berkarakter Dalam Menghadapi Tantangan Global".


Dalam sambutannya, Bupati Batu Bara mengatakan Sebagai Organisasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, APKASI saat ini telah menjadi lembaga yang diperhitungkan oleh berbagai kalangan. bukan hanya Pemerintah dan DPR RI atau DPD RI saja, tapi juga kalangan Akademisi, LSM, Praktisi Hukum dan Masyarakat Luas.

Hal tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi APKASI yaitu menjadi mitra strategis Pemerintah maupun Lembaga lain yang memiliki visi yang sama dengan APKASI dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah.


Menurut Bupati Zahir, Salah satu tugas APKASI yaitu untuk mendukung Pemerintah dalam memajukan Pendidikan. Dalam perspektif pendidikan, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini. Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform pendidikan saat ini, melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan learning management system, dan lain sebagainya. tantangan utama guru di era global dan serba digital saat ini adalah mencetak lulusan yang berkemampuan menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis-analitis, dan tetap berkarakter. Sebut Bupati Zahir.


Dengan demikian kata Bupati Zahir, Hal inilah APKASI sebagai mitra dan perpanjangan tangan pemerintah dengan jaringan di seluruh wilayah Indonesia berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi informasi di era digital. (MA)