ads

30 Juli 2021

Kesulitan Air Bersih, Kadin Batubara Bangun Sumur Bor Untuk Nenek Ulung dan Mariam

Kesulitan Air Bersih, Kadin Batubara Bangun Sumur Bor Untuk Nenek Ulung dan Mariam

 


BATUBARA, LintasTotabuan.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Batubara melalui program "Kadin Batubara Berbagi" memberikan bantuan sumur bor (air bersih) untuk  nenek Ulung dan Mariam di Dusun Salam, Desa Perkebunan Sei Bejangkar, kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara.


" Alhamdulillah hari ini saya diberi waktu mengunjungi kediaman nenek Ulung dan Mariam di Dusun Salam, Desa Perkebunan Sei Bejangkar. Ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan "Kadin Batubara Berbagi," kata Ketua Kadin Kabupaten Batubara, OK Faizal A Djalil,  di Dusun Salam, Desa Perkebunan Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Jumat (30/7/2021).


Faizal mengatakan, saat kunjungan pertama beberapa waktu lalu, tim "Kadin Batubara Berbagi" melaporkan bahwa kediaman nek Ulung dan nek Mariam belum memiliki air bersih (sumur bor) sehingga ketika hendak melaksanakan ibadah, terkendala dengan ketersediaan air bersih. Selain itu, belum tersedia aliran listrik.


" Saat kegiatan pertama kemarin, tim melaporkan bahwa kediaman nenek Ulung dan Mariam belum ada sumur (air bersih). Listrik juga belum masuk, ketika hendak sholat tidak ada air. Saya merasa tergugah, makanya saya bilang bangun saja sumurnya dan beri tempat penampungan airnya. Selain itu, masukkan juga listriknya," katanya.


Ia menuturkan, bantuan yang diberikan melalui program "Kadin Batubara Berbagi" merupakan hasil donasi yang dihimpun melalui orang-orang yang memiliki kelapangan rezeki (kemampuan) untuk membantu masyarakat tidak mampu, kaum duafa, lansia dan warga terdampak Covid-19.


"Kalau semua permasalahan khususnya masalah sosial ditumpahkan kepada pemerintah, tentu tidak akan mampu juga pemerintah menyelesaikannya. Untuk itu, saya menggugah para pengusaha yang memliki kelapangan rezeki, untuk bersama-sama membantu masyarakat melalui "Kadin Batubara Berbagi," ujarnya.


Mudah-mudahan, bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan memudahkan nenek Ulung dan Mariam. "Ya tentu kita meminta doa kepada nenek Ulung dan Mariam supaya Kadin Batubara tetap eksis, tetap dapat membantu  masyarakat serta diberi kesehatan," pungkasnya.


Sementara, salah satu pengurus Kadin Batubara, Burhan menghimbau kepada masyarakat untuk dapat mendukung program Kadin Batubara Berbagi.


"Jangan sampai ada masyarakat Batubara yang susah, yang tidak makan. Kepada masyarakat, apabila ada kondisi masyarakat yang memprihatinkan, segera laporkan kepada Kadin Batubara. Sebab, Kadin Batubara hadir untuk membantu masyarakat. InsyaAllah, kami akan hadir (turun) untuk membantu," imbuhnya.


Sebagaimana diketahui, Nenek Ulung dan Mariam (76) merupakan warga Dusun Salam, Desa Perkebunan Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara. Mereka hidup berdua dan menderita tuna netra. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, warga sekitar bergotong royong membantu kebutuhan Nenek Ulung dan Mariam. (Red)