ads

17 Juli 2021

  • Follow us

Keberlanjutan Otsus Papua Harapan Kemajuan Bumi Cendrawasih

Jhon Patikawa

Editor  : Ida Bastian


Kebijakan Otsus Papua menjadi tuntunan bagi masyarakat Papua sebagai   jalan tengah dalam menguatkan integrasi  dan perdamaian serta  membangun kesejahteraan di  Papua.  Keberlajutan Otsus menjadi harapan bagi  kemajuan Bumi cendrawasih .


Tokoh Papua dan Papua Barat menyambut baik keputusan pemerintah yang akan melanjutkan Otsus Papua, karena akan  membawa perubahan yang lebih baik untuk kemajuan Papua.  Keberlanjutan Otsus  dinilai  sebagai langkah positif  pembangunan dan  meningkatkan kesejahteraan warga Papua,


Selama 1 dekade terakhir, Papua mampu meningkatkan capaian status pembangunan manusia dari kelompok “rendah” menjadi kelompok “sedang”. Index Pembangunan Manusia (IPM) Papua meningkat hingga mencapai 11%, dengan rata- rata pertumbuhan sekitar 1,05% pertahun. 


IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar, yaitu umur panjang dan hidup sehat (a long and healthy life), pengetahuan (knowledge), dan standard hidup layak (decent standard of living). Artinya, pertumbuhan IPM Papua merupakan cerminan dari pertumbuhan ketiga dimensi tersebut. 


Pembangunan manusia di wilayah Papua terus mengalami kemajuan dengan adanya alokasi dana Otsus Papua. Berbagai pencapaian telah membuktikan bahwa dana Otsus Papua memberikan manfaat dalam mengejar kesenjanagan atau ketertinggalan Papua.


Dana Otsus telah membantu generasi muda Papua untuk mendapatkan Pendidikan yang lebih baik, bahkan melanjutkan studi di luar negeri dan universitas-universitas ternama di Indonesia. Kesempatan kerja menjadi lebih terbuka dan generasi muda lebih mampu bersaing di dunia kerja bahkan sebagai abdi negara. 


Pada bidang kesehatan, dana Otsus telah membantu menciptakan generasi penerus yang sehat dan berkualitas, dengan membenahi pelayanan kesehatan. Jumlah jaringan dan kualitas fasilitas kesehatan, peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga kesehatan, serta pengembangan sistem jaringan pelayanan kesehatan bagi penduduk miskin, menjadi aksi utama dalam upaya pembenahan tersebut.


Pembangunan infrastruktur di Papua telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, seperti pembangunan Jalan Trans Papua dan infrastruktur lain. Pembangunan tersebut telah mampu membuka keterisolasian wilayah dan meningkatkan akses serta konektivitas dari darat maupun multimoda, yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.


Terbukanya keterisolasian tersebut memberikan dampak positif terhadap peningkatan produksi, lowongan pekerjaan, hingga tercapainya pemerataan harga. Waktu tempuh yang menjadi lebih cepat, menjadikan distribusi lebih lancar, sehingga membantu bisnis dari para pengusaha Papua. Ekonomi kerakyatan juga mengalami pertumbuhan seiring diakomodirnya kebutuhan konsumen dan produsen lokal.


Otsus Papua menjadi harapan kemajuan bagi Bumi Cendrawasih dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat, dalam mengejar kesenjangan atau ketertinggalan. Oleh karena itu, masyarakat patut mendukung keberlanjutannya, sebagai solusi terbaik untuk kemajuan Papua.

Penulis adalah Pemerhati Masalah Sosial dan Politik)