ads

30 Juni 2021

Bupati Batu Bara Buka Sosialisasi Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor

Bupati Batu Bara Buka Sosialisasi Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor

 


BATU BARA, LintasTotabuan.com - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP buka kegiatan Sosialisasi Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (GRATIEKS) 2024 Komoditas Pertanian. Dalam rangka mensukseskan pembangunan pertanian diwilayah Asahan, Tanjung Balai, Batu Bara (ASTABAR). Di Aula Rumah Dinas Bupati. Rabu (30/06/2021). 


Dalam Sambutannya Bupati Batu Bara Zahir mengucapkan Selamat datang Kepada Pimpinan Balai Karantina Pertanian Kementerian Pertanian di Kabupaten Batu Bara.


Lanjutnya, Bupati Zahir menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya acara ini dan saya juga meng-apresiasi atas edukasi yang diberikan kepada masyarakat pelaku Usaha dan UMKM Tentang "Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor" Di Kabupaten Batu Bara. Karena sosialisasi ini sangat berkaitan dengan Visi Misi Pemkab Batu Bara.


Kabupaten Batu Bara ditunjuk sebagai kawasan Industri Strategis Nasional oleh Bapak Presiden RI. Untuk itu perlu dipersiapkan dari segala hal untuk menunjang proyek tersebut. Salah satunya  bekerjasama dengan berbagai pihak. Ujarnya 


" Terlaksananya kegiatan ekspor yang baik, para pelaku usaha harus menjaga kualitas barang atau bahan yang ingin di kirim keluar Negeri". 


" Saya berharap, dengan pelaksanaan kegiatan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Kabupaten Batu Bara ini, kiranya dapat mendorong dan mengedukasi para pelaku usaha UMKM untuk memasuki pasar ekspor atau pasar global, selain dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan capaian ekspor juga sebagai ajang untuk meningkatkan daya saing di pasar global, serta dapat meningkatkan Devisa Negara pada umumnya dan Kabupaten Batu Bara Khususnya di Masa Pandemi Covid-19." Tutup Bupati Batu Bara Zahir. 


Masih dalam kegiatan sosialisasi, Kepala Pusat Kepatuhan Kerjasama Dan Informasi Perkarantinaan Ir. Junaidi, MM memaparkan, tugas karantina Pertanian salah satunya ialah bersosialisasi. Tujuan sosialisasi seperti ini untuk memenuhi target - target program Badan Karantina Pertanian.


" Sebagai informasi,di badan karantina merupakan pelayanan lintas semua sektor ekspor. Semua barang - barang yang akan diekspor harus melalui badan karantina, terkecuali besi, karena besi bisa mencemarkan bahan - bahan makanan," ujar Junaidi


Turut hadir KUPT. SKP TBA - Bpk. Edward Syam, SP , MM, Kepala Informasi Pusat Badan Karantina Pertanian : Ir. Junaidi, MM.  Wakapolres Batu Bara, Sekda Batu Bara H Sakti Alam Siregar, Kadis Pertanian.