ads

12 Juni 2021

Diduga Membuat Resah Masyarakat, 12 Pelaku Pungli Diringkus Polres Labuhanbatu

Diduga Membuat Resah Masyarakat, 12 Pelaku Pungli Diringkus Polres Labuhanbatu

 


Rantauprapat, LintasTotabuan.com - Sedikitnya 12 orang pelaku tindak pidana pungli diamankan Polres Labuhanbatu sabtu 12 juni 2021 di sejumlah titik di wilayah hukum Polres Labuhanbatu.


Hal tersebut disampaikan Kapolres Labuhanbatu AKBP. Deny Kurniawan, SIK, SH, MH didampingi Kasat Reskrim AKP. Parik Hesit ruang Kantor Mapolres Labuhanbatu dalam kegiatan konfrensi Pers Sabtu 21/6/21 Sore.


" Tadi malam sabtu 12 juni sekira pukul 00.00 wib kita melakukan operasi pemberantasan pungli dan premanisme di beberapa titik di wilayah hukum polres labuhanbatu, hasilnya kita berhasil menangkap 12 pelaku pungli jalanan di jalan lintas sumatera labuhanbatu, utara dan selatan," papar Kapolres.


Kegiatan pemberantasan pungli dan premanisme ini lanjut Kapolres untuk menciptakan rasa aman bagi pengendara yang melintas di wilayah hukum yang dipimpinnya.


" Pelaku pungli ini kerap kali membahayakan pengendara, bahkan ada kasus yang berakibat pada kecelakaan lalu lintas, sehingga ini menjadi atensi saya untuk di berantas, menurut catatan kita sejak januari 2021 ada 33 pelaku yang telah kita amankan, namun masih saja ada yang berani melakukan tindakan yang sama," pungkasnya


Itu sebabnya Kapolres labuhanbatu juga menegaskan bagi orang maupun kelompok yang masih mau melakukan kegiatan pungli maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas dan terukur.


" Ini menjadi warning bagi pelaku premanisme jalanan, jika masih ada yang berani melakukan tindakan yang sama, maka kami tak segan segan melakukan tindakan tegas dan terukur, dan kegiatan ini akan terus kita lakukan," ucapnya.


Kapolres juga menjelaskan ada beberapa titik rawan yang kerap kali sebagai lokasi pemalakan (pungli) di jalan lintas sumatera kabupaten labuhanbatu raya, yakni di simpang hokli rantau selaran, kemudian di siamporik hingga gunting saga labura, serta cikampak dan kota pinang labusel.


" Bagi masyarakat yang melintas di jalinsum tepatnya di simpang hokli,siamporik,gunting saga labura, kota pinang, cikampak agar berhati hati, jika ada kegiatan pungli, segera laporkan kepetugas setempat, kami akan segera melakukan tindakan sesuai prosedur hukum," imbuhnya


Untuk kedua korban yang diamankan pihak polres labuhanbatu mejerat pasal 504 ayat 1 dan 336 KUHP dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara.


" Karena tindak pidana ini adalah tindak pidana ringan maka kita tidak melakukan penahanan, namun proses hukum akan kita lanjutkan," tutupnya.(Uban)