ads

30 Juni 2021

Technology Innovation Seminar Inalum Ke 21 : Sinergi Dalam Inovasi

Technology Innovation Seminar Inalum Ke 21 : Sinergi Dalam Inovasi

 


Kuala Tanjung, LintasTotabuan.com - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM menggelar kegiatan tahunan Technology Innovation Seminar (TIS) ke-21 yang dilaksanakan secara virtual melalui Teleconference Zoom di Ballroom Kantor INALUM Kuala Tanjung, Sumatera Utara, Rabu (30/06/2021)


Dengan total 4 tim inovator yang melakukan presentasi dan berkompetisi di hadapan depan Juri dan sekitar 400 audiens yang terdiri dari Manajemen dan keluarga besar Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) yang menjadi Induk INALUM, siswa/i  SMA dan SMK di sekitar perusahaan, serta Dosen dan mahasiswa/i dari beberapa Universitas ternama di Sumatera Utara. 


Dalam kesempatan tersebut, Group CEO MIND ID, Orias Petrus Moedak mengutarakan harapannya terkait pelaksanaan TIS ini. “Saya berharap dengan adanya event inovasi ini kita dapat terus belajar untuk menjadi lebih baik, karena inovasi itu juga lahir dari bagaimana kita belajar dari kesalahan yang lalu dan memperbaikinya untuk menjadi lebih baik kedepannya,” tutur Orias.


Direktur Pelaksana INALUM, Sophia I. Wattimena juga berharap bahwa kegiatan TIS yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2005 ini dapat terus dilaksanakan kedepannya. “TIS 2021 kali ini berhasil mengumpulkan 22 inovasi yang terdiri dari 12 inovasi kategori operasional dan 10 inovasi kategori administrasi, harapannya kegiatan TIS dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga mampu menghasilkan innovator-innovator unggul yang mampu bersaing secara global,” ungkap Sophia.


Lebih lanjut pada kesempatan yang sama, Komisaris Utama MIND ID, Doni Monardo menyampaikan agar inovasi yang lahir dari TIS ini dapat disinergikan dengan seluruh pihak. “Inovasi yang terlahir dalam TIS ini selanjutnya semoga dapat disinergikan kepada seluruh elemen pemangku kepentingan yang terkait sehingga inovasi-inovasi yang diajukan dapat berjalan dengan baik dan mampu turut berkontribusi bagi masyarakat sekitar,” jelas beliau.


Pada TIS ke-21 ini, ada 4 judul inovasi terbaik yang berhasil lolos seleksi dan dipresentasikan pada hari-H. Ketua Pelaksana TIS, Edi Mugiono, dalam kesempatan tersebut juga melaporkan terkait seleksi yang dilaksanakan pada TIS Ke-21 ini. “Seleksi panjang dilakukan sesuai dengan 6 aspek yaitu Application of Idea, Originality of Idea, Writing Structure, Presenting Structure, Impact of Innovation dan How to Implement, hingga akhirnya melalui rapat diputuskan 4 judul inovasi terbaik yang dapat dipresentasikan pada hari-H acara TIS,” terang Edi.


Pada TIS ke-21 ada 4 dewan juri yang hadir untuk menilai 4 inovasi yang dikompetisikan yaitu Koordinator Analisis Ekonomi dan Sektor Industri Kementerian BUMN Sitta Rosdaniah, Dekan Fakultas Teknik USU Dr. Ir. Fahmi, ST, M.Sc, IPM, Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan dan Direktur Pelaksana INALUM Sophia I. Wattimena. Gelaran acara TIS ke-21 juga diselingi dengan kuis online bagi para audiens dan sesi polling presenter terfavorit. Pada akhir sesi presentasi, hasil TIS ke-21 diumumkan yang dimenangkan oleh Dhiya Irfano Azmi dengan judul inovasi “Increase Availability of Power Generation with Installation External Oil Cooler & Dust Collector System in Siguragura Power & Tangga Power”. 


Sebagai informasi, Technology Innovation Seminar (TIS) ini merupakan agenda tahunan INALUM sejak tahun 2005, dimana inovasi-inovasi pegawai INALUM dipresentasikan tidak hanya secara internal tetapi juga kepada civitas academica di sekitar perusahaan. (LY)