ads

24 Juni 2021

Deteksi Dini Kanker Serviks, Ketua TP PKK Batu Bara Lakukan Pembinaan IVA Test

Deteksi Dini Kanker Serviks, Ketua TP PKK Batu Bara Lakukan Pembinaan IVA Test

 


BATU BARA, LintasTotabuan.com - Masih dalam rangka pembinaan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batu Bara, pada kesempatan ini, Ny. Maya Indriasari Zahir Selaku Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara didampingi Camat Medang Deras Effendi melakukan pembinaan tentang Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test di Aula Kantor Camat Medang Deras, Kamis (24/06/2021). 


Inspeksi Visual Asam Asetat atau yang lebih dikenal IVA Test ialah salah satu metode pendektesian dini kanker serviks. 


Pemeriksaan IVA test dilakukan dengan meneteskan asam asetat (asam cuka) pada permukaan mulut rahim. Teknik ini dinilai terjangkau, mudah, hanya memerlukan alat sederhana, dan hasilnya bisa langsung didapatkan.


" Pembinaan IVA test sangatlah penting bagi kaum perempuan. Karena dengan IVA test dapat mendeteksi dini kanker serviks. Sehingga sangat bermanfaat bagi kaum perempuan," ujar Ny. Maya 


Masih menurut Ny. Maya, Kanker Serviks atau kanker leher rahim merupakan kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia. Untuk itu mari kita sukseskan program IVA test dimulai dari ibu - ibu TP PKK Dusun, Desa, Kecamatan hingga Kabupaten. Dengan mendatangi Puskesmas - Puskesmas yang ada di Kabupaten Batu Bara. (MA)