ads

24 Mei 2021

Guru Honor Madrasah Di Batubara Mengeluh, 5 Bulan Dana Sertifikasi Tak Cair

Guru Honor Madrasah Di Batubara Mengeluh, 5 Bulan Dana Sertifikasi Tak Cair




BATU BARA, LintasTotabuan.com - Ratusan guru honor Madrasah dijajaran Kementerian Agama Kabupaten Batubara kini mengeluh akibat tunjangan dana sertifikasi mereka sejak Januari lalu hingga Mei ini belum mereka terima dari Kemenag RI alias belum cair.


Cobalah bayangkan, hampir lima bulan dana yang kami harapkan itu tak kunjung dibayarkan. Sementara dana tersebut selama ini menjadi penopang utama kehidupan keluarga kami serta peningkatan kwalitas dalam melaksanakan tugas profesi guru. Betapa sulitnya kehidupan kami akibat tak kunjung cairnya dana tunjangan profesi guru tersebut, ujar beberapa perwakilan guru honor dari berbagai tingkatan itu baik RA, MI, MTs maupun MA kepada wartawan di Batubara, Senin (24/5/2021)


Apalagi disaat itu ada moment dimana kebutuhan keluarga meningkat, yaitu saat menjelang lebaran. Kami sangat berharap dibayarkannya dana tersebut sebelum lebaran lalu. Tetapi ternyata pembayarannya nihil. Apaboleh buat, gagal lebaran kami tahun ini pak, ujar mereka kepada wartawan.


Mereka menjelaskan, tahun-tahun sebelum ini pembayaran dana sertifikasi itu cukup lancar. Dibayarkan hampir setiap bulan melalui rekening bank masing-masing guru. Tetapi tahun ini sudah hampir lima bulan, dana tersebut belum juga dibayarkan. Kami tidak tahu apa penyebabnya. Ketika ditanyakan ke Kemenang berbagai alasan mereka sebutkan. Alasan itu terkesan hanya buang badan dari tugasnya alias saling lempar bola, tambah guru yang tak mau disebutkan identitasnya itu.


Mereka berharap Kemenag segera membayarkan dana tersebut secepatnya. Apalagi bulan depan ini, Juni dan Juli kebutuhan keluarga juga meningkat yaitu pada moment tahun ajaran baru. Dimana anak-anak kita akan melanjutkan pendidikannya. Kami berharap jangan sampai pendidikan anak kami sampai terkendala, harap mereka.(LY)