ads

11 April 2021

Resmikan Kodai Tengkuluk, Elfi Haris Harap Dapat Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Resmikan Kodai Tengkuluk, Elfi Haris Harap Dapat Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

 


BATU BARA, LintasTotabuan.com - Menjelang bulan puasa ramadhan 1442 Hijriah, Elfi Haris, SH, M.Hum meresmikan Kodai Tengkuluk Pamulara Abah Hisyam Ritonga dan produk kreatif Batu Bara di Kawasan wisata Pantai Sejarah Desa Perupuk, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Minggu (11/04/2021)


" Meresmikan pembukaan tempat penjualan tengkuluk dan produk kreatif Batu Bara diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional," ujar Elfi Haris Kepada Wartawan saat dikonfirmasi.


Menurut Elfi Haris yang merupakan Kepala bea cukai Kualanamu Internasional ini bahwa selain meningkatkan pendapatan masyarakat, hal ini juga dapat mengenalkan produk lokal Batu Bara yang bersifat budaya maupun kreatif.


" Kembangkan ide, Modal awal dalam memulai bisnis tentu saja adanya ide, dimana ide ini akan menjadi pondasi dalam membangun usaha. Namun ide ini tidak bisa hanya itu-itu saja, sebab perlu juga mengembangkan dan menyesuaikannya dengan tren pasar usaha yang digeluti. Ide ini akan sangat mempengaruhi kesuksesan dalam menjalankan usaha ini," ungkapnya.


Dilain tempat, Muhammad Nurdin selaku Pembina Komunitas Penggiat Budaya Melayu Batu Bara mengatakan bahwa dengan adanya Kedai Tengkuluk di Pantai Sejarah maka apa yang menjadi keinginan para penggiat Budaya Melayu Batu Bara dalam mengembangkan Syiar Budaya dan mempercepat terwujudnya Batu Bara Sebagai Industri Tengkuluk dan ini merupakan salah satu Kebaikan untuk Negeri dan Bangsa dalam membesarkan Budaya di Batu Bara dan Indonesia pada Umumnya.


Menurut nya, Kedai Tengkuluk yang ada di Pantai Sejarah ini merupakan trobosan yang bagus sebagai Cendera Mata khas dari Pantai atau Dari Batu Bara sebagai Wujud mewakili Budaya yang ada di Pesisir Batu Bara dan semoga ini dapat bekerjasama dengan pihak pengelolah Pantai agar lebih Singkronisasi dalam program Pantai Sejarah sebagai Primadonanya Wisata Pantai di Batu Bara menuju Wisata Go Internasional.


" Semoga Kedai Tengkuluk ini dapat juga bekerja sama dengan para pengrajin dan usaha Tengkuluk lainnya dalam memasarkannya dan Para Penggiat Budaya Melayu di Batu Bara terutama sebagai Pengrajin sudah lama berkeinginan hendaknya ada ditempat tempat Objek Wisata adanya Gallery Tengkuluk dan Alhamdulillah di Pantai Sejarah sudah ada Kedai Tengkuluk Pamulara khusus Penjualan Tengkuluk sudah memulainya walaupun sudah ada Penjualan Tengkuluk di Rumah Kreatif Produk Tengkuluk Serawak Batu Bara dan di Lapak Perupuk Kreatif produk Tengkuluk Abah Jefri," ujar Nurdin. (MA)