ads

26 April 2021

Bangun Semangat Kerja Dan Tingkatkan Gotong Royong Melalui Hari OTDA

Bangun Semangat Kerja Dan Tingkatkan Gotong Royong Melalui  Hari OTDA

 


Labuhanbatu, LintasTotabuan.com -Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, dengan tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, menjadi salah satu kiat untuk menciptakan Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju.


Meski diperingati secara daring melalui Vidcond, Dapat kita lihat momentum peringatan Hari Otda ke-25 ini, adalah challenge bagi semua kepala daerah, ketika mereka berhasil keluar dari dampak sosial dan dampak ekonomi pandemi Covid.


Otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat, otonomi daerah telah mampu mengembangkan sistem berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat. 


"Dengan demikian, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk turut serta membangun daerahnya," ucap Wakil Presiden RI.KH.Ma'ruf Amin ketika memberikan bimbingan dan arahannya melalui video confrence pada peringatan hari otonomi daerah ke 25 yang disaksikan PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang,S.Pi, M.Si diruang data dan karya kantor Bupati Labuhanbatu jln SM.Raja rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan Senin (26/04/2021)


Dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus malalui proses yang panjang dan berbelit-belit, tetapi menjadi lebih efisien dan responsif. 


"Melalui kebijakan desentralisasi pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola, menggarap potensi ekonomi yang ada di daerah. Dengan demikian, berbagai aktifitas ekonomi di daerah dapat tumbuh dengan pesat".


Wapres Menegaskan di era perkembangan otonomi daerah, posisi masyarakat bukan hanya konsumen pelayanan publik sehingga Semua ASN di daerah harus mampu memberikan pelayanan publik yang lebih baik.


"Pemda harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat. Kawal otonomi daerah agar diisi dengan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dengan mendorong munculnya kemandirian dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang ada, baik itu SDM maupun SDA".ujarnya..


Wapres juga berpesan kepada seluruh jajaran pemerintahan untuk selalu bersinergi untuk mewujudkan tujuan dan impian memakmurkan negara.harapnya.


Setelah mendapatkan bimbingan dan arahan dari Wapres RI, selanjutnya para peserta vidcond mendengarkan paparan dari Mendagri Tito Karnavian terkait Filosofi dan sejarah otonomi daerah.


Hadir mengikuti Vidcond Bersama PJ.Bupati Labuhanbatu, para Asisten pemerintah kabupaten labuhanbatu, Para Kepala OPD, Kasdim 0209/lb, dan perwakilan Polres Labuhanbatu.(Uban)