ads

09 Maret 2021

Masyarakat Kuala Tanjung Protes Pembangunan Industri PT Wilmar Padi Indonesia

Masyarakat Kuala Tanjung Protes Pembangunan Industri PT Wilmar Padi Indonesia

 


BATU BARA, LintasTotabuan.com - Masyarakat Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Seisuka, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara menyatakan sikap bersama (Protes) menolak pembangunan industri PT Wilmar Padi Indonesia, Senin (08/3/2021)


" Kami yang bertandatangan dibawah ini masyarakat Desa Kuala Tanjung yang dalam hal ini bertindak untuk atas nama masyarakat dengan ini menyatakan sikap demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka kami sepakat dan setuju untuk menolak pembangunan industri PT Wilmar Padi Indonesia sebelum dilakukan nya sosialisasi terhadap masyarakat," tulis protes masyarakat Desa Kuala Tanjung  yang diterima wartawan.


Adapun alasan pertama masyarakat Kuala Tanjung menolak dalam tuntutan itu, karena dinilai PT Wilmar Padi Indonesia tidak menerapkan peraturan negara Mentri lingkungan hidup nomor 17 tahun 2012 tentang pedoman keterlibatan masyarakat dalam proses analisis dampak lingkungan hidup dan ijin lingkungan.


" Kami tidak ingin jika berdiri PT Wilmar Padi Indonesia masyarakat desa Kuala Tanjung cuma menerima dampak negatif nya saja seperti penurunan kualitas air bersih, penurunan kualitas udara dan peningkatan kebisingan," tulis protes masyarakat dipoin kedua.


Untuk itu, poin ketiga, Masyarakat menuntut dampak positif berdirinya PT Wilmar Padi Indonesia untuk menyiapkan ketersediaan lapangan kerja dan kesempatan berusaha terutama masyarakat Kuala Tanjung pada tahap konstruksi dan tahap operasional.


General Manager PT Multimas Nabati Asahan yang tergabung dalam Wilmar group, Yovie Argeri melalui Staf Humas, Siswiko Mulyadi, SH, ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan bahwa pembangunan PT Wilmar Padi Indonesia merupakan investasi jangka panjang dan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat serta ramah lingkungan.


" Mengenai pencemaran udara, PT Wilmar Padi Indonesia tidak memakai mesin diesel yang mengeluarkan asap, dampak lingkungan semua telah dirumuskan dan diperhitungkan dengan baik, dalam masa pandemi ini PT. MNA turut hadir dalam investasi jangka panjang yang mana akan berdampak positif dan meningkatkan nilai ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," terangnya kepada Wartawan, Selasa (09/03/2021) sekira pukul 10.50 Wib


Selain itu, dijelaskan pria yang akrab disapa adek ini, salahsatunya dampak positifnya lagi adalah membuka lapangan kerja baru sehingga pengangguran dapat berkurang. (MA)