ads

07 Januari 2021

Bupati Batu Bara Tinjau Normalisasi Sungai Serba Jadi

Bupati Batu Bara Tinjau Normalisasi Sungai Serba Jadi

 


BATU BARA, LintasTotabuan.com - Bupati Batu Bara meninjau langsung pekerjaan normalisasi sungai serba jadi yang berada di desa Mekar Mulyo, kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Kamis (07/01/2021)


Peninjauan dilakukan dengan tujuan perbaikan bendungan dipintu air sungai serba jadi, Peninjauan ini didampingi Kadis PUPR, Camat Sei Balai, Kabid Humas dan Kabag Protokol. 


Bupati Zahir bersama warga setempat bahu membahu memperbaiki pintu air dan tanggul sungai yang sudah rusak. 


Dalam gorong royong ini, bupati Zahir turun langsung dan ikut memotong kayu balok dengan menggunakan chainsaw (mesin pemotong kayu) untuk penahan pintu air sementara dan terjun langsung ke gorong - gorong menuju pintu air, untuk mengecek Kondisi pintu air yang telah rusak.


Dalam kegiatan ini, pihak pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui dinas PUPR menurunkan alat berat berupa satu unit ekskavator amphibi untuk menormalisasi sungai dan memperbaiki tanggul yang pecah. 


Menurut Zahir, dikarenakan pintu air sungai serba jadi telah  rusak, berdampak pada pembagian air ke sawah - sawah tidak bisa mengalir untuk musim tanam di tahun ini. Ternyata pintu dam/pintu air ini sudah ada sejak 30 tahun silam, wajar memang sudah harus diperbaiki. 


Oleh sebab itu Pemkab Batu Bara memperbaiki dam ini, karena ini memang kebutuhan para petani. Agar para petani bisa kembali bercocok tanam. Karena padi merupakan salah satu komoditas utama Kabupaten Batu Bara.


" Ekskavator amphibi diturunkan untuk pengerukan tanah akibat pendangkalan sungai. Dan penebangan pohon sawit yang tumbuh disepanjang pinggir sungai. Karena pohon sawit  bukan tanaman bantaran sungai, dan tidak boleh sawit di tanam di pinggiran sungai," tegas Bupati Zahir 


Seorang warga menyampaikan mereka melakukan gotong royong bersama pihak Pemkab untuk memperbaiki dam pintu air untuk lahan pertanian yang rusak akibat meluapnya sungai serba jadi.

 

" Saya dan masyarakat sangat bersykur dan berterima kasih kepada Bupati Zahir yang ikut turun langsung ke lokasi ini, karena bapak Bupati sangat berjiwa sosial," ujar Tobok Siagian. (MA)

Berita Menarik Lannya

Berita Terkini