ads

12 Desember 2020

Ringankan Beban Warga, IPK Batu Bara Kembali Bantu Korban Banjir

Ringankan Beban Warga, IPK Batu Bara Kembali Bantu Korban Banjir

 


BATU BARA, LintasTotabuan.com - Guna meringankan beban warga terdampak banjir,  Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD-IPK) Kabupaten Batu Bara kembali menyalurkan bantuan sembako di Dusun V Desa Mekar Baru, Kecamatan Sei Balai, Sabtu (12/12/2020). 


Bantuan sembako tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari diserahkan kepada warga bertujuan untuk meringankan beban warga yang ditimpa musibah banjir hingga tak dapat melakukan aktivitas kesehariannya. 


"Kemarin kita sudah menyalurkan bantuan sembako juga di Desa Perjuangan, kali ini kembali menyalurkan bantuan sembako di Desa Mekar Baru untuk saudara kita yang ditimpa musibah banjir," Kata Ketua Harian IPK Batu Bara, Basri Saragih, didampingi Sekretaris, Marlin Juni Marbun, Ketua PAC IPK Kecamatan Sei Balai, Arifin Simanjuntak, saat menyerahkan bantuan didesa setempat. 


Kepada masyarakat yang ditimpah banjir, Basri berpesan untuk tetap menjaga kesehatannya, dan menjaga keluarganya agar tetap dalam kondisi sehat. 


"Dan kita mendoakan semoga banjir yang melanda warga di Kabupaten Batu Bara cepat berlalu sehingga dapat beraktivitas seperti sedia kala," harapnya. 


Adapun bantuan sembako yang disalurkan berupa, Beras 500 Kg, Telur 23 Papan, mie instan 13 Kotak, Gula 50 Kg, Minyak Makan 50 Kg. 


Terpisah, Kepala Desa Mekar Baru, Bimbang Suheranto, menjelaskan banjir yang menimpa warganya berjumlah 42 Kepala Keluarga di Dusun V. 


Di dusun V itu kata Kades, berjumlah 46 Kepala Keluarga, sedangkan air masuk menggenangi rumah penduduk hingga ketinggian setengah meter. Akibatnya, warga tidak dapat beraktivitas, sementara tenda pengisian belum disediakan oleh pemerintah Kabupaten. 


"Kita sudah laporkan ke Dinas BPBD Batu Bara, Kepada Babinsa dan Babinkamtibmas, tetapi stok tenda sudah habis, karena banjir yang terjadi hampir merata didesa di Kabupaten Batu Bara," Jelas Bimbang Suheranto. 


Menurut nya, Meskipun tidak mendapat bantuan posko pengungsian, untuk sementara Kades menjelaskan warga yang ditimpa banjir diungsikan dirumah keluarganya yang terdekat, sembari menunggu bantuan logistik dan peralatan lainnya. 


Pantauan awak media, selain banjir menggenangi pemukiman rumah penduduk didesa Mekar Baru, banjir juga terjadi di Desa Kwala Sikasim dan Sejumlah pasilitas umum dan kawasan sekolah. (MA)