ads

16 Desember 2020

Bupati Batu Bara Hadiri Acara Pencanangan Program Integritas Kampung Nelayan Berkualitas

Bupati Batu Bara Hadiri Acara Pencanangan Program Integritas Kampung Nelayan Berkualitas

 


BATU BARA, LintasTotabuan.com - Bupati Batu Bara hadiri acara pencanangan program integritas kampung keluarga dan nelayan berkualitas, di Desa Bandar Rahmat, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Selasa (15/12/2020).


Pada kesempatan tersebut, Bupati Batu Bara memberikan apresiasi untuk Desa Bandar Rahmat yang telah ditunjuk sebagai kampung keluarga dan nelayan berkualitas.


" Saya berharap dapat segera ditindaklanjuti dengan kerja nyata dan komitmen pemerintah desa melalui kelompok kerja kampung KB dan nelayan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Bupati Zahir yang merupakan Politisi PDIP ini.


Menurut nya, Pemerintah saat ini sedang bersemangat dalam mengembangkan program kampung KB sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Program ini merupakan sebuah inovasi strategi program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (Bangga kencana).


" Konsep kampung KB yang dikembangkan bukanlah semata konsep sektoral tentang urusan program keluarga berencana saja, tetapi dimaknai sebagai upaya mewujudkan kampung keluarga berkualitas, sehingga semua lintas sektor harus terlihat didalamnya," kata Bupati.

 

Dikatakan nya, Program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (Bangga kencana), harus selaras dengan agenda prioritas pembangunan (Nawacita), dimana ada 3 poin utama, yaitu; Membangun Indonesia dari daerah pinggiran, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang harus terwujud dalam program lintas instansi bersifat koordinatif dan sinergisitas, jangkauan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.


"Program KB berkontribusi bukan hanya untuk membatasi jumlah kelahiran anak, namun meningkatkan kualitas manusia, dalam hal ini peningkatan gizi ibu dan anak, mutu tenaga kerja, produktivitas, tingkat pendidikan, kesehatan dan penurunan angka kemiskinan," ujarnya.


Sementara, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, Hasto Wardoyo, mengapresiasi pencanangan program kampung keluarga berkualitas yang terintegrasi dengan kampung nelayan di Desa Bandar Rahmat, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara.


"Ini sungguh luar biasa. Pencanangan program kampung keluarga berkualitas dapat terintegrasi dengan kampung nelayan. Jika melihat daerah ini, termasuk daerah pinggiran. Ini sangat penting kita lakukan," katanya.


Ia berharap, pencanangan Desa Bandar Rahmat sebagai kampung keluarga berkualitas dapat menjadi berkah bagi seluruh masyarakat.


"Mudahan-mudahan ini menjadi berkah bagi seluruh warga. Kita bisa bahu membahu bersama pemerintah daerah mendukung kampung berkualitas. Inpres kelurga berkualitas akan segera turun. Nanti 2021 kami akan mendata dan hadir diseluruh keluarga sekalin untuk melakukan pendataan," imbuhnya. (MA)