ads

03 November 2020

Bupati Batu Bara Hadiri Pelatihan MTU Kejurusan Teknik Mengelas

Bupati Batu Bara Hadiri Pelatihan MTU Kejurusan Teknik Mengelas

 


BATU BARA, LintasTotabuan.com - Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP menghadiri acara Pembukaan Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) Kejurusan Teknik Mengelas bertempat di Lapas Kelas II A Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Selasa (03/11/2020)


Hadir dalam acara tersebut, Bupati Batu Bara, Ir. H Zahir, M.AP, Kadis Ketenagakerjaan Kabupaten Batu Bara, H Erinaldo, SE, M.AP, Ka. Lapas Kelas II Labuhan Ruku, Yan Rusmanto, Bc.Ip, S.So, M.Si, Ka. Balai Besar Pelatihan Kerja (BBPLK) Medan Yang diwakili, Julianti, S.Sos dan para peserta pelatihan.


Dalam sambutannya, Bupati Batu Bara mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi balai besar pelatihan kerja (BBPLK) Medan, kepada bapak kadisnaker kab. Batu bara, bapak kepala lapas kelas ll labuhan ruku dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) Dipa BBPLK Medan tahun anggaran 2020.


Lebih lanjut Politisi dari partai PDI Perjuangan ini mengatakan, Masalah ketenagaankerjaan adalah masalah yang pelik dan sangat konflik serta multi dimensial, Karena berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan, Mulai dari ekonomi, Sosial dan aspek politik, Untuk itu UPTD balai latihan kerja dinas ketenagakerjaan Kab. Batu Bara, Merasa perlu menumbuhkembangkan tenaga- tenaga yang terampil guna menunjang pengembangan usaha dan kemajuan pembangunan Kab. Batu Bara, Sehingga dalam Industri Makro maupun mikro memiliki tenaga yang terampil dan siap pakai dalam memenuhi kebutuhan pasar kerja dan menumbuhkembangkan Wirausaha baru yang handal dan berkualitas pada Era Globalisasi Ini.


" Selanjutnya saya berharap kepada seluruh peserta pelatihan Mobile Training Unit, Agar dapat mengikuti pelatihan dengan serius dan menyerap materi yang disampaikan. Nantinya jika masyarakat binaan lapas yang mengikuti pelatihan ini keluar dari lapas, Lalu membentuk UMKM maka saya melalui dinas terkait akan membantu mendanai UMKM tersebut, "ujar Bupati.


Sebelumnya, Kadis Ketenagakerjaan Kabupaten Batu Bara menyampaikan bahwa adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan kemampuan angkatan kerja dalam memahami dan mengimplementasikan kompetensinya dan meningkatkan kualitas dan produktivitas angkatan kerja. 


" Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 32 orang dari masyarakat binaan lapas kelas II A Labuhan Ruku, "ungkap Erinaldo.


Ditempat yang sama, Ka. BBPLK yang diwakili Julianti mengapresiasi Bupati Batu Bara Ir. H Zahir yang telah menghadiri acara ini, karena beliau sangat peduli dengan masyarakatnya. 


" Saya menghimbau kepada peserta pelatihan agar tetap mematuhi protokol kesehatan agar tetap sehat dalam masa pandemi Covid- 19. Selesai pelatihan para peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang akan berguna dalam dunia kerja, "ujar Julianti. (MA)