ads

Selasa, 30 Juni 2020

Kapolda Sumut Didampingi Bupati Batu Bara Resmikan Mangkai Baru Sebagai Desa Tangguh Tanggap Covid-19

Kapolda Sumut Didampingi Bupati Batu Bara Resmikan Mangkai Baru Sebagai Desa Tangguh Tanggap Covid-19
BATU BARA, LintasTotabuan.com - Kapolda Sumatera Utara Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Martuani Sormin didampingi Bupati Batu Bara Ir H Zahir M.AP, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis serta pejabat utama (PJU) Polda Sumut, meresmikan Desa Tangguh Tanggap Covid- 19 di Desa Mangkai Baru, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Selasa, (30/06/2020).

Dalam kunjungannya Kapoldasu mengatakan, Desa Mangkai Baru  merupakan salah satu desa yang telah memiliki kesigapan yang matang dalam menghadapi Covid 19 saat ini. Jika ditinjau dari segi keamanannya mereka telah memiliki persiapan, seperti posko cek kesehatan, memiliki ruang karantina dan Pustu (Puskesmas Pembantu) yang aktif dan selalu siap untuk melayani kesehatan masyarakat. 

Setibanya di Desa Tangguh Kapoldasu dan rombongan langsung melakukan peninjauan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, bahkan kedatangan orang nomor satu di jajaran Polda Sumut ini disambut antusias masyarakat setempat.

“Saya meresmikan Desa Tangguh ini karena masyarakatnya sadar tentang bahaya penyebaran Covid-19, masyarakat diharap tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, serta rutin cuci tangan atau menggunakan handsanitizer menuju penerapan tatanan hidup baru (new normal life-red), sudah 3 desa yang saya resmikan karena mampu menangani Covid-19, diharapkan dengan adanya Desa Tangguh Sei Mangke dapat menjadi contoh di desa lainnya dalam mencegah penyebaran pandemi mematikan tersebut,” kata Martuani didampingi Bupati Batubara Zahir dan Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis.

Selain itu kata Kapolda, desa ini juga memiliki Polmas (Polisi Masyarakat) yang aktif dan selalu mengkontrol keamanan dan kenyamanan warga desa.

”Suatu hal yang tak kalah pentingnya, desa ini memiliki suatu komunitas yang bergerak dibidang sosial yaitu Komunitas Mangkai Berbagi (KMB)  melalui komunitas ini sebagian hasil-hasil dari pengelolahan Karang Taruna dan sumbangan dari  donatur yang didapat setiap Jumat, dibagikan kepada warga yang nasibnya kurang beruntung di desa ini,” sebut Kapoldasu.

Dia berharap semua desa yang ada terkonfirmasi positif Covid- 19 sudah ada Desa Tangguhnya. Menurutnya, Desa Tangguh bukan hanya sekedar formalitas saja, namun juga dilaksanakan dengan benar.

“Saya berharap Desa Tangguh bukan hanya ada penjagaan, ada cek suhu, tapi tingkatkan lumbung pangan, agar semua benar-benar satgas kesehatan atau ketangguhan kesehatan bisa berjalan. Saya salut dengan Kepala Desa Mangkai Baru Sugiyanti, satu yang saya  sampaikan disini, Kades Mangkai Baru hebat,” ujar Kapoldasu.

Kunjungan orang nomor  satu di Polda Sumut ini disambut Bupati Batu Bara Ir  H Zahir MAP, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH MH, perwakilan Kajari Batu Bara, perwakilan Dandim 0208 /AS/ BB, para OPD dan PJU Polres Batu Bara.

Usai peresmian Desa Tangguh, Kapoldasu didampingi  Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis dan Bupati Zahir menyerahkan ribuan masker untuk warga Desa Mangkai Baru, sekaligus memberikan tali asi kepada anak-anak yatim, serta memberikan kursi roda untuk warga yang membutuhkannya.

Sementara itu Kepala Desa Sei Mangkai Sugianti mengaku didirikan desa tangguh ini sebagai langkah mencegah penyebaran Covid-19 yang grafiknya terus meningkat, jadi kami membentuk posko Covid-19 (Kampung Paten-red) mencegah penyebaran pendemi Covid-19 di mana setiap masyarakat yang datang harus dicek suhu tubuhnya.

"Tak hanya itu kami juga mendirikan ruang isolasi serta dapur umur apabila adanya masyarakat yang terpapar Covid-19, "ujar Sugianti. (MA) 

Berita Menarik Lannya

Berita Terkini