ads

11 Juni 2020

Bupati Zahir : Silahkan OPD Berkreasi Dalam Membantu dan Melayani Masyarakat

Bupati Zahir : Silahkan OPD Berkreasi Dalam Membantu dan Melayani Masyarakat
BATU BARA, LintasTotabuan.com - Silahkan OPD berkreasi dalam membantu dan melayani masyarakat sepanjang punya dasar dan aturan yang memperbolehkannya. Hal tersebut selalu di ulang-ulang Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP dalam setiap kesempatan dengan OPD di Batu Bara.

Terkait himbauan dan harapan Bupati Batu Bara Zahir, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus mengatakan bahwa dirinya sengaja menjajaki kerjasama dan mengundang salah satu penyedia Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah untuk memaparkan dan berdiskusi dengan para pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan yang di pimpinnya bertempat di Ruang kerja Kadisdik Batu Bara.

Hal tersebut dikatakan Ilyas kepada awak media usai melakukan pertemuan dan diskusi dengan PT. Metromatika Tehnologi Rekayasa terkait aplikasi Edu Links Kamis Petang (11/06/2020)

Lebih lanjut Mantan Kepala biro humas dan keprotokolan di sekdaprovsu ini menyampaikan terimakasih dan sangat menyambut baik kehadiran Edu Links sampai ke Perupuk menghadiri undangan kita, ini luar biasa dan patut kita jadikan salah satu pertimbangan sebagai alternative pemberdayaan manajemen sekolah menuju Sekolah berkualitas dan kompetitif. Ilyas berjanji akan menyampaikan terkait penjajakan kerjasama dan pertemuan ini kepada Bupati. Ilyas juga  mengapresiasi adanya System Teknologi Informasi yang sesuai untuk menjawab kebutuhan dimasa Pandemic Covid-19 yang mengutamakan transfer informasi berbasis web dan mobile apps yang multi guna, pungkasnya.

Menurut Kadisdik Batu Bara, Ilyas bahwa Dunia pendidikan adalah ruang pintu pertama yang harus mengadopsi perkembangan global, karenanya dunia pendidikanlah yang menjadi baro-meter sebelum opd – opd lainnya. Saat ini kita sudah memasuki era revolusi 4.0. Artinya arah manajemen pendidikan harus segera menyesuaikannya dengan suatu sistem informasi yang terintegrasi. Apalagi amanah Perpres 95 tahun 2018, mengharuskan kita, Pemda menggagas terwujudnya SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), dimana sorang pengambil keputusan atau kebijakan harus sudah dapat melihat atau memonitor perkembangan dari organisasi yang dipimpinnya kapan saja dan darimana saja, ujar Ilyas.

Masih menurut ncekli sapaan akrab kadisdik Batubara Ilyas Sitorus, dari pertemuan tersebut berdasarkan paparan penyaji Dr. Eriadi, S.E., M.Si., dan membaca profil perusahaan dan prodak yang di tawarkan  ini bernama aplikasi Edu Links.  Edu Links sebagai produk System Informasi Manajemen yang sengaja diciptakan dan dikembangkan oleh Metromatika  sebagai perusahaan yang berpengalaman dalam pengembangan system informasi pemerintahan dibawah pimpinan Bustami Ariffin, AMd dan Zahri fadli, SE, Ak, MM dan  pakar teknologi informasi antara lain  Shivi Almas, ST dan M Suryansyah, S.Kom serta dievaluasi/ direview oleh Kantor Jasa Akuntan Indonesia PT Eriadifatkhurrokhman yang berpengalaman dalam pengembangan Sistem Manajemen Pemerintahan di bawah pimpinan, DR. Eriadi, SE, M.Si,Ak, CA, CMA, CBV, CERA, CIBA yang juga selaku pemerhati dan tenaga ahli manajemen sumber daya manusia.

" Kesemua ini kita dapat informasinya dari profil perusahaan dan paparan yang di sampaikan tadi, " papar Ilyas.

Sementara, Ditempat yang sama Eriadi saat dimintai tanggapannya oleh awak media mengatakan bahwa Sudah saatnya Sekolah dan Stakeholder pendidikan memulai dengan satu aplikasi tetapi dapat mengakomodir banyak keperluan sekolah, jadi bukan satu aplikasi, hanya untuk satu keperluan sekolah.

Dengan aplikasi ini sambung Eriadi,  semua guru dapat melaksanakan aktivitasnya dan dapat dimonitor oleh stakeholder. Karena Aplikasi yang kami tawarkan ini layak menjadi salah satu obsi dalam pengembangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah.

" Guru bisa mendapatkan informasi yang cukup, begitu juga kepala satuan pendidikan, siswa dan orang tua siswa termasuk stakeholder pendidikan dapat memonitor e-kinerja dimana saja termasuk sistem pengelolaan keuangan dan lainnya, " jelasnya. (MA)