-->

ads

Sabtu, 16 Mei 2020

Cegah Penyebaran Virus Corona, SMPN 1 Limapuluh Siapkan Pencuci Tangan dan Bilik Penyemprotan

Cegah Penyebaran Virus Corona, SMPN 1 Limapuluh Siapkan Pencuci Tangan dan Bilik Penyemprotan
BATU BARA, LintasTotabuan.com -Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Limapuluh, Kelurahan Limapuluh Kota, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara siapkan bilik penyemprotan disinfektan bagi siapapun yang datang kesekolah.

Selain bilik penyemprotan disinfektan, Pihak SMPN 1 juga menyediakan tempat pencuci tangan yang berguna bagi siswanya sebelum masuk ke sekolah untuk  belajar agar mencuci tangan terlebih dahulu. 

Hal itu merupakan upaya pihak sekolah SMPN 1 Limapuluh dalam mencegah penyebaran dan memutus mata rantai virus corona (Covid- 19) di lingkungan sekolah.

Demikian dikatakan Kepala sekolah SMPN 1 Limapuluh, Dra. Ponyem, MM, kepada Wartawan, Sabtu (15/5/2020) melalui selulernya.  

" Ini merupakan salah satu usaha kita dalam upaya mencegah penyebaran dan memutus mata rantai virus corona (covid- 19) disekolah, kita anjurkan agar setiap siswa dan tamu yang datang ke sekolah mengikuti protokoler kesehatan covid 19 ini, "ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan kepala sekolah SMPN 1 Limapuluh ini bahwa sebanyak 80 persen dari seluruh kasus (menurut pendapat para ahli kesehatan)  penyakit menular ditularkan melalui sentuhan tangan.

" Jadi, dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah tertular dan menularkan penyakit. Karena kita tidak tahu tangan kita menyentuh apa sebelumnya dan biasa kita umumnya mengusap usap muka dan memegang makanan atau benda benda lainnya sehingga dengan membiasakan cuci tangan itu merupakan salah satu pola hidup bersih di sekolah, "jelasnya. 

Senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Batubara Ilyas S Sitorus SE, MPd, ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa selain virus corona, paling tidak manfaat dengan membiasakan dari aktivitas mencuci tangan adalah mencegah risiko tertular flu dan penyakit menular serta menurunkan risiko terkena diare dan penyakit pencernaan lainnya.

" Jika mencuci tangan sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan, sejuta kematian bisa dicegah setiap tahunnya, Serta dapat menghemat uang karena anggota keluarga menjadi jarang sakit, " jelas ncekli sapaan akrab kadisdik Batubara Ilyas Sitorus saat diperjalanan menuju Kecamatan nibung hangus. (MA) 

Berita Menarik Lannya

Berita Terkini