Senin, 23 Maret 2020

Terkait Virus Corona, Begini Himbauan Bupati Batu Bara

Terkait Virus Corona, Begini Himbauan Bupati Batu Bara
BATU BARA, LintasTotabuan.com - Bupati Kabupaten Batu Bara Ir. H. Zahir M.AP yang juga Politisi PDI Perjuangan menegaskan, sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus corona (Covid 19) Ia menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Batubara yakni dengan membuat Surat Himbauan Nomor 443.4/2006/2020 pada Senin (23/3/2020)

Begini isi surat himbauan Bupati : 1. Kepada Saudara -saudara yang telah melakukan perjalanan keluar negeri atau kedaerah lain yang telah pendemik virus corona dalam waktu 14 hari terakhir atau telah melakukan kontak fisik atau bersentuhan langsung dengan orang tersebut diatas, Saya menghimbau agar mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari kedepan. 

2. Jika ditemukan gejala -gejala seperti demam, panas tinggi, batuk berkepanjangan disertai bersin -bersin segera periksa dan konsultasi diri anda ke Puskesmas atau pelayanan kesehatan terdekat dan segera pakai masker atau penutup mulut. 3. Kepada yang berusia lanjut atau memiliki penyakit jantung, darah tinggi,  diabetes, penyakit paru -paru kronis dan penyakit gangguan daya tubuh lainya, banyaklah berdiam diri dirumah selama pendemik covid 19 ini berlangsung, karena ini termasuk kedalam kelompok yang beresiko tinggi dan rentan akan virus corona ini.

4. Hindari keluar rumah dan tempat keramaian kecuali sangat penting dan mendesak, hindarilah makan ditempat umum, jangan pergi ke tempat - tempat hiburan atau keluar kota apalagi keluar negeri, Berbicaralah dengan orang lain dengan jarak lebih dari 1 meter, hindari bersentuh fisik atau bersalaman atau berpelukan dengan orang lain. 5. Lindungi dan sayangi diri, keluarga, dan anak -anak saudara, lakukan pola hidup bersih dan sehat, selalu membersihkan diri dan lingkungan didalam atau diluar rumah dengan cairan anti septik atau cairan disinfektan atau cairan pembersih lainya, selalulah mencuci tangan dengan sabun/ detergen,upayakan mengkomsumsi vitamin C guna memperkuat sistim imun tubuh kita. 

6. Kepada saudara - saudaraku petugas medis, para dokter, para perawat/ bidan dan seluruh tenaga dan relawan kesehatan, Kalian adalah garda terdepan. Doa kami menyertai setiap langkah dan upaya kalian dalam menolong masyarakat, agar kalian semua dapat berbuat yang terbaik buat bangsa dan negara ini. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa membalas setiap langkah kalian semua. 7. Bantulah tenaga profesional kesehatan dan masyarakat kita saling bahu -membahu tolong -menolong dalam kebaikan dan hindarkan diri dari penyebaran berita hoax, membuat komentar -komentar yang provokatif yang dapat merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

8. Anak -anak yang diliburkan belajar disekolah untuk tetap rajin belajar dirumah dan dimohon kepada orang tua untuk membantu dan mengawasinya. 9. Ini adalah upaya untuk pencegahan penyebaran virus corona (covid 19), Tindakan yang bukan hanya untuk kesehatan pribadi tetapi untuk kesehatan dan keselamatan orang banyak dan keluarga yang kita cintai dan kita sayangi. 10. Saya tahu ini susah, Saya tahu ini sulit tetapi tidak semua orang punya pilihan lain untuk tidak melakukan ini. Tapi faktanya langkah ini sudah terbukti efektif di negara lain. Ingat sekali lagi saya ulangi apa upaya minimal yang bisa dilakukan adalah :Jaga Jarak, Hindari Keramaian dan Di Rumah aja, selalu cuci tangan. 

11. Akhirnya Kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa kita berserah diri dan bertaubat, mari kita meningkatkan ibadah kita sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing - masing. 
Demikian himbauan Bupati Batu Bara Ir. Zahir MAP sembari menyampaikan terimah kasih atas perhatian dan kerjasama seluruh masyarakat kabupaten Batubara. (MA)

Don't Miss

Menarik Lainnya