Rabu, 15 Januari 2020

Bupati Batubara Tegaskan Kepala Desa Harus Bekerja Sesuai Aturan

Bupati Batubara Tegaskan Kepala Desa Harus Bekerja Sesuai Aturan
BATU BARA, LintasTotabuan.com l Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP menegaskan bahwa dalam rangka mendukung program proyek strategis nasional sesuai Perpres No 81/ 2018 dan kawasan strategis Provinsi bedasarkan Pergub No. 2 Thn. 2017 para kepala desa se Kabupaten Batu Bara harus bekerja sesuai peraturan dan perundang undangan.

Hal itu disampaikan Zahir dihadapan 141 kepala Desa dan 12 Camat se Kabupaten Batu Bara yang dihadiri Kadis PMD Radiansyah, S.STP dan Dr. Phil Ichwan Azhari serta Kabid Desa Winny, SE di pendopo Bupati, Tj. Gading, Kecamatan Seisuka, Rabu (14/01/2020).

Pasca pelantikan 107 kepala desa se Kabupaten Batu Bara Zahir meminta untuk mempelajari UU No. 6 Thn. 2014 tentang desa, Peraturan Mentri desa, PDTT no. 11 Thn. 2019 tentang Prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 sehingga keseluruhan penggunaan anggaran desa tidak menyimpang dari kebutuhan pembangunan desa.

" Dimusyawarahkan dengan baik antara BPD dengan pemerintah desa dan masyarakat sehingga penggunaan anggaran sesuai dengan kebutuhan untuk kesejahteraan masyarakat desa, " kata Zahir.

Zahir juga mengingatkan bahwa anggaran desa tahun 2020 sesuai dengan peraturan Mentri Keuangan RI No. 205 Thn. 2019 akan meluncurkan anggaran tahap I 40% dan tahap II 40% hingga terakhir 20%. Ini pedoman yang harus di ikuti.

PKK dan Karang Taruna
Zahir juga mengingatkan bahwa seluruh pengurus TP. PKK desa dan dusun sudah harus dilantik dan di berdayakan, demikian juga dengan Karang Taruna. Karenanya program pembudayaan masyarakat desa harus berinteraksi untuk pertumbuhan ekonomi, pelaksanaan kesehatan, pendidikan dan kebudayaan sehingga kualitas hidup, kesejahteraan dan pelayanan publik terbangun yang akhir nya menurunkan kemiskinan.

" Kepada seluruh camat saya minta untuk melakukan pembinaan dan kontrol kepala desa mulai dari perencanaan, pelaksaan program, dan penganggaran sekaligus pertanggung jawaban penggunaan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat, "ujarnya (MA) 

Don't Miss

Menarik Lainnya