Minggu, 10 November 2019

Pernyataan Jokowi soal Rangkulan Paloh-Sohibul Humor Persahabatan

Pernyataan Jokowi soal Rangkulan Paloh-Sohibul Humor Persahabatan
banner 468x60


Jakarta, LintasTotabuan.com - Buntut pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyinggung rangkulan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Presiden PKS Sohibul Iman masih berlanjut. Staf Khusus Presiden Fadjroel Rahman mengatakan pernyataan Jokowi merupakan humor persahabatan.

"Nggak, itu humor persahabatan, sama kan kayak kita saja," kata Fadjroel di TMP Utama Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (10/11/2019).

Fadjroel pun membantah jika pernyataan Jokowi disebut sebagai teguran terhadap Paloh dan Partai NasDem. Dia mengatakan koalisi pemerintah saat ini sangat kuat.

"Tidak ada (teguran), ini humor persahabatan karena ini koalisinya sangat kuat ya sampai hari ini. Koalisi Indonesia Maju juga sangat-sangat kuat," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi sempat menyinggung soal rangkulan Surya Paloh dengan Sohibul Iman dalam acara HUT ke-55 Golkar beberapa waktu lalu. Kemudian, pada Kongres NasDem, Jumat (8/11) kemarin, Paloh sempat menyebut ada kecurigaan politik yang timbul usai dirinya berangkulan dengan Sohibul.

"Tingkat diskursus politik yang paling picisan di negeri ini, hubungan, rangkulan, tali silaturahmi, dimaknai dengan berbagai macam tafsir dan kecurigaan," kata Surya Paloh di arena Kongres, JIExpo, Jakarta Pusat, Jumat (8/11).

Paloh sendiri sudah menjelaskan pernyataan tersebut bukan ditujukan kepada sang presiden. Sebab, tak mungkin dirinya reaktif terhadap Jokowi.

"Nggak mungkin kita reaktif dengan Pak Jokowi. Artinya memang selalu bagaimanapun menawarkan alternatif pikiran-pikiran yang barangkali sesuatu mungkin menjadi bahan referensi baru, misalnya katakanlah bangsa kita terkenal sopan santun, ramah-tamah dalam budaya Indonesia," ujar Paloh di sela-sela acara Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (9/11).

(Sumber: DetikNews.com)

Don't Miss

News Feed