Breaking News

Gelar Panen Raya Padi, Begini Harapan Bupati Batubara

loading...
BATU BARA, LintasTotabuan.com  l

Bupati Batubara Ir H Zahir M.AP melaksanakan panen raya perdana padi sawah di Desa Sei Muka Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kamis (12/09/2019), di lanjutkan meninjau daerah irigasi serba jadi bersama Forkopimda, OPD serta di dampingi para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Dalam kesempatan nya, Bupati Batubara berharap agar Panen raya perdana yang dilaksanakan didesa Sei Muka dapat ditingkatkan dari sebelumnya, Sebagaiman ia (red-Bupati) mengakui masih ada kendala berbagai teknis dan non teknis terkait permodalan dan pembelian benih padi yang berkualitas.

"Alhamdulillah benih padi Varietas Inpari 32 dari APBN sudah dibagikan dan sudah ditanam, Hasilnya hari ini akan kita panen semoga hasil nya memuaskan ". Ujar Zahir


Lanjut nya lagi " Berdasarkan data dari Badan Statistik Kabupaten Batubara pada tahun 2018, Produktivitas padi sawah hanya sebesar 6 Ton hingga 6.5 Ton per Hektare, angka produktivitas ini dinilai belum maksimal, maka harapan kita bersama agar dapat meningkatkan Produktivitas lebih di tingkatkan lagi ". Tandas Zahir 

Disela acara panen raya perdana padi Varietas Inpari 32 yang belum memuaskan terhadap hasil produktivitasnya, Zahir menekan kan kepada setiap OPD dan lintas sektoral terkait agar memantau setiap kegiatan penyuluhan yang dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pelaku para petani supaya dapat menerapkan informasi dan teknolgi-teknologi terbaru dari pemerintah untuk meningkat produksi hasil padi yang lebih memuaskan.

Tentu dalam hal itu, Zahir melalui Pemerintah Batubara akan terus memperbaiki akses irigasi dan perbaikan lahan sawah yang menjadi wadah tanam padi agar dapat di tingkatkan melalui Indeks Penanaman (IP) 3 kali dalam setahun.

Di akhir acara kegiatan panen raya perdana padi di desa Sei Muka, Bupati Zahir berharap agar para petani tetap semangat dalam mengelola sawah nya dan ia akan terus mendukung melalui program-program Pemerintah, Pasti nya ia berharap swasembada pangan padi sebagai sumber kebutuhan utama menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat Batubara. (red/ma) 

Tidak ada komentar