Breaking News

Bupati Lamteng, Kunjungi UPT Puskesmas Seputih Mataram

loading...
Lampung Tengah,Lintastotabuan.com -- Dalam kunjungan kerjanya di kecamatan Seputih Mataram , Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto mengunjungi Unit Pelaksana Teknis(UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat(Puskesmas), Kecamatan Seputih Mataram. Kamis(12/09/2019)


Setiba di puskesmas Seputih Mataram, Bupati meninjau langsung kegiatan pelayanan kesehatan yang ada, di puskesmas Seputih Mataram. Beberapa ruangan dikunjungi langsung oleh Bupati, yaitu ruang pemeriksaan umum, ruang pemeriksaan wanita, ruang ibu dan anak, dan ruang rawat inap pasien. Bupati juga sempat berdialog langsung dengan pasien yang ada di puskesmas Seputih Mataram apakah pasien mendapat kan pelayanan yang layak atau tidak.


Setelah selesai meninjau kegiatan pelayanan kesehatan di puskesmas Seputih Mataram, Bupati Lamteng  bersama staf ahli bupati dan kepala OPD terkait menghadiri,  Deklarasi stop buang air besar sembarangan atau open federation free (ODF) yang berlangsung di halaman UPT Puskesmas Seputih Mataram.


 Sebanyak 10 kampung sudah mendeklarasikan ODF  dari total 12 Kampung yang ada di kecamatan Seputih Mataram. Dalam acara ini Turut hadir juga

ketua tim penggerak PKK kabupaten Lampung Tengah(Lamteng) Hj Ellya Lusiana Loekman.


Bupati Lamteng dalam sambutan nya berharap kepada tenaga medis kesehatan, untuk membantu dalam proses pemeriksaan masyarakat dengan bertindak secara sendiri - sendir, untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal - hal dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat

"Pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan jangan sampai masyarakat mengeluh tidak terlayani," tegas Bupati.


Sementara itu terkait dengan deklarasi ODF ,Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamteng Hj Ellya Lusiana Loekman mengatakan,

Perilaku buang air besar sembarangan (BABS Open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS atau Open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak – semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya, jika dibiarkan akan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air. Oleh karena itu kita harus stop prilaku buang air besar sembarangan . " Gerakan Stop Buang Air Besar berguna untuk menjaga kesehatan kita bersama, wajib kita laksanakan," jelas Ellya Lusiana Loekman. 


Dalam acara  ini warga yang hadirpun bisa memeriksakan kesehatan secara gratis yaitu cek gula darah, cek kolestrol, cek asam urat dan tensi darah.

Diakhir acara tersebut Bupati  memberikan sertifikat ODF secara simbolis, kepada kampung yang sudah mendeklarasikan gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan.(Rahman/Rls)

Tidak ada komentar