Breaking News

Bupati Batubara Akan Maksimalkan Produktivitas Padi Sawah

loading...
BATU BARA, Lintastotabuan.com  l

Menurut data BPS Batu Bara, produktivitas padi sawah di Batu Bara baru sebesar 6-6, 5 ton perhektare. angka produktivitas tersebut belum maksimal karena itu kedepan harus lebih ditingkatkan lagi.

"kita minta Dinas Pertanian mendata jumlah saluran irigasi yang masih berfungsi, rusak atau lahan yang belum tersentuh irigasi. Setelah diketahui data pasti irigasi di Batu Bara Pemerintah Kabupaten Batu Bara akan mengusulkan pembangunan atau rehabilitasi irigasi baik melalui APBD Batu Bara, Provinsi maupun APBN", Tutur Bupati Batubara Ir H Zahir M.AP saat melaksanakan panen raya perdana padi sawah di Desa Sei Muka Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kamis (12/09/2019), di lanjutkan meninjau daerah irigasi serba jadi bersama Forkopimda, OPD serta di dampingi para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Dalam kesempatan itu, Bupati Batubara berharap agar Panen raya perdana yang dilaksanakan didesa Sei Muka dapat ditingkatkan dari sebelumnya, ia mengakui masih ada kendala berbagai teknis dan non teknis terkait permodalan dan pembelian benih padi yang berkualitas.

Untuk itu, Peningkatan kinerja penyuluh pertanian sebagai ujung tombak peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku petani.

Disamping itu dia berharap, Penyuluh pertanian dapat meyakinkan petani untuk menerima tekhnologi maupun inovasi guna peningkatan produktivitas padi sawah di Kabupaten Batu Bara.

" mudah mudahan dengan peningkatan 3 poin diatas saya berharap Indeks Penanaman (IP) menjadi tiga, yakni 1 tahun bisa 3 kali tanam", Jelasnya (ltc/ma)

Tidak ada komentar