Breaking News

Bantuan Alat Tangkap Dari Pemkab Batubara Dinilai Tidak Tepat Sasaran

loading...
BATU BARA, LintasTotabuan.com  l

Pemerintah kabupaten (pemkab) Batu Bara melalui Dinas Perikanan menyerahkan bantuan alat tangkap kepada pemilik pukat trawl dipelabuhan pangkalan Dodek, Desa Nenassiam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara, Kamis (15/08/2019).

Salah seorang warga yang namanya tidak mau ditulis kepada wartawan mengatakan, bantuan yang diberikan kepada pengusaha pukat terlarang itu tidak tepat sasaran karena menurutnya, pemerintah seharusnya membantu para pekerjanya bukan kepada pemilik kapal, "seharusnya yang dibantu itu anak buahnya karena yang menjadi imbas pelarangan itu adalah anak buahnya  bukan tokenya", Cetusnya. 

Dilokasi penyerahan bantuan Kadis perikanan Batu Bara Ir Rinaldi M.Si saat dikonfirmasi wartawan mengatakan sebanyak 31 kelompok yang mendapatkan namun baru 23 kelompok yang hadir " seharusnya ada 31 kelompok tapi yang  menyerahkan baru 23 orang", katanya. 

Namun, saat ditanya berapa anggaran dan nama kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut,  Kadis Perikanan terkesan mengelak "  tentang anggaranya dari APBD tahun 2019 ini, kalau nama kelompok saya lupa, " pungkasnya.

Disinggung adanya 1 kelompok terdiri dari 1 keluarga, Rinaldi mengatakan diperbolehkan jika 1 keluarga yang dimaksudkan sama sama memiliki pukat trawl " boleh boleh,  umpama bapak, anak,  cucu hingga cicit mempunyai pukat trawl dan membuat kelompok,  ya boleh lah dan inilah yang kita bantu" katanya sembari tersenyum.  

Ditempat yang sama, Kasi pengendalian usaha dan perijinan perikanan Batu Bara dan pernah menjabat sebagai UPT  Deras James Simanjuntak  ketika ditanya wartawan  berapa kelompok yang menerima namun yang bersangkutan terkesan marah " mana urusan aku itu, kan sudah kau tanya sama Kadis, bukan urusan aku itu,  apa apanya kau ini" jawabnya dengan nada tinggi. 

Pantauan wartawan penerima bantuan terlihat ada satu keluarga terdiri dari satu bapak 2 orang anak, selain itu yang menerima bantuan tersebut adalah pemilik kapal bukan anak buah. 

Selain itu, puluhan pukat trawl dan grandong masih beroperasi di-Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara.

Dalam kegiatan itu, hadir Bupati Batu Bara diwakilkan Setda Batu Bara H Sakti Alam Siregar, Dir Pol Air Poldasu, Kadis Perikanan Batu Bara Ir Rinaldi M.Si,  Ka PSDKP Belawan, Ketua HNSI Batu Bara,  dan para nelayan penerima bantuan.
(ltc/ma)

Tidak ada komentar