Breaking News

Pemkab Batubara Diminta Menyertakan Tes Urine Untuk Setiap Balon Kades

loading...
Foto : Harun Al Rasyid 

BATU BARA, LintasTotabuan.com  l

Harun Al Rasyid (26) putra melayu pemerhati pemerintahan desa mengatakan pihaknya akan mengusulkan agar dalam tahapan pelaksanaan Pilkades, Pemerintah Kabupaten juga menyertakan persyaratan bagi setiap bakal calon (balon) kades yang akan maju memiliki komitmen dan bebas dari Narkotika. Walaupun Tidak Ada Tes Urine didalam Permendagri No 65 Tahun 2017. Tetapi Bupati mempunyai Hak Imunitas/ Hak Veto tersendiri untuk memasukkan Persyaratan Tes Urine atau Surat Bebas Narkoba bagi calon Kepala Desa.

Hal itu menurut Harun, sebagai bentuk komitmen bersama dalam memerangi bahaya Narkotika yang terus menjadi ancaman Nyata Bagi Calon-calon Penerus Bangsa.

"Kami usulkan agar para bakal calon kades yang akan maju pada pelaksanaan Pilkades serentak di Batubara juga menjalani tes urine dan benar-benar bebas dari penyalahgunaan Narkotika, tidak hanya menyertai surat keterangan sehat saja dalam persyaratannya," ujarnya kepada wartawan, Rabu (17/7/2019) malam. 

Menurutnya lagi, Hal itu penting dilakukan sebagai wujud integritas dan  komitmen bersama didalam pemberantasan Narkotika dan para kandidat yang nantinya akan memimpin masyarakat di Tingkat Desa. 

"indikasi pecandu Narkoba memang sudah sangat menghawatirkan, tidak hanya di masyarakat di perkotaan namun juga didesa, ada juga oknum-oknum perangkat desa yang terindikasi sebagai pecandu narkotika, kalau Kades nya sudah jadi Pecandu atau bagian jaringan Narkotika, lantas bagaimana nantinya mereka terpilih dan memimpin masyarakat," jelas Harun. 

Ditambahkannya, dengan menyertakan aturan Bebas Narkoba dan wajib menjalani Tes Urine pada pelaksanaan Pilkades Serentak,  dia mengaku optimis upaya pemberantasan peredaraan Narkotika dapat dimaksimalkan, tak hanya  masyarakat di kawasan perkotaan namun hingga masyarakat di tingkat desa. 

"Dengan Komitmen memberantas Bahaya Narkotika dari Seluruh Aparatur Pemerintah Daerah hingga Pemerintahaan Desa, kita optimis nantinya peredaraan Narkotika dapat diberantas secara optimal melalui upaya pencegahaan dan pengawasan bersama dari Aparatur Kepolisiaan, Kejaksaan dan seluruh Komponen Masyarakat," pungkasnya.

Di informasikan, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Batu Bara diperkirakan akan berlangsung lebih dari 100 desa dari 141 desa di 12 kecamatan se Kabupaten Batu Bara dan akan digelar pada bulan Oktober 2019 mendatang. (ltc/ma)

Tidak ada komentar