Breaking News

Wakili Bupati Batu Bara, Asisten III Secara Resmi Menutup Kegiatan Pesta Tapai

loading...



BATU BARA, LintasTotabuan.com  l

Asisten III Bidang Administrasi Renol Asmara mewakili Bupati Batu Bara secara resmi menutup rangkaian kegiatan pesta tapai Bidang Budaya Tahun anggaran 2019 di Desa Dahari Selebar Kabupaten Batubara, Jum’at (03/05/2019) Malam.

Pada kesempatan itu, Renol Asmara menyebutkan kedepan bidang budaya akan dibangun semacam museum sebagai pertanda besarnya bidang budaya di Kabupaten Batubara.

“Bidang budaya kedepan akan dipisahkan dengan dinas pendidikan, pemisahan itu akan memudahkan bagi kita untuk berkonsentrasi dalam membangun gedung museum di Batubara”, ujar Renol Asmara.

Saat ini, sambung Renol, Bapak Bupati sedang berada diluar kota dengan agendanya yang padat, untuk itu, ia memberikan pesan kepada kita semua agar dalam acara penutupan pesta rakyat ini, warga dapat kembali membersihkan halaman rumah yang selama ini dipakai untuk kegiatan pesta rakyat selama pesta tapai berlangsung.

Kemudian, ia juga menyebutkan apresiasi kepada semua masyarakat yang turut terlibat dalam kegiatan pesta rakyat ini, dengan antusias dan ramai mulai dari Desa Simpang Sianam hingga menuju Desa Mesjid lama Kecamatan Talawi.

Dalam kegiatan penutupan tradisi pesta tapai 2019 itu, dihadiri Bupati Batubara yang di wakili Asisten III Renold Asmara SH, Tokoh Masyarakat sekaligus Caleg dari Partai HANURA Usman SE (Atim), PLT Kadis Pendidikan dan Budaya Batubara Riswandi, S.Pd, Tokoh Budaya Buyung Morna, Mustafa Akhyar SPD, Badaruddin Nasution dan undangan lainnya.

Dalam kegiatan penutupan itu, ditandai dengan pemberian penilai bagi juri dengan beberapa kriteria yang diantaranya, kerapian dan ketertiban dalam berjualan, kebersihan lokasi jualan selama pesta rakyat berlangsung dan diberikan semacam hadiah yang disponsori oleh BPDSU dan Dinas Pendidikan Setempat.
Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Batubara menggelar tradisi Meugang (memotong hewan) kerbau atau lembu sebanyak empat ekor sebagai pertanda syukur kepada Tuhan Yang maha Kuasa sembari menyambut masuknya bulan suci ramadhan yang dilaksanakan sebagai tradisi setiap tahunnya. (ltc)

Tidak ada komentar