ads

27 Februari 2019

Waspada Terhadap Berita Hoaks Jelang Pemilu 2019

Waspada Terhadap Berita Hoaks Jelang Pemilu 2019


Tasikmalaya - Masyarakat diharapkan waspada terhadap banyaknya informasi hoaks,  fitnah dan ujaran kebencian yang beredar melalui media sosial jelang Pemilu 17 April 2019, dengan melakukan pengecekan serta konfirmasi sumber informasi. Hal tersebut disampaikan salahsatu narasumber Ade Zaenul saat Diskusi Publik Pemilu Damai dan Berkualitas yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lafran Siliwangi Tasikmalaya di RM Baraya Sunda, Selasa (26/2/2019).

“Cermati isi dan konten, perhatikan sumber informasinya apakah bersifat opini atau pemberitaan resmi. Begitupula foto, cek waktu dan tempatnya. Pilah dan pilih informasi yang benar,” katanya.

Narasumber lainnya, Rino Sundawa Putra mengatakan kaum milenial yang menjadi peserta sangat strategis dalam menekan hoaks. Sebab dengan pengetahuan yang dimiliki bisa berhenti setelah melakukan pengecekan informasi.

”Minimal informasi hoaks tersebut berhenti disebarkan melalui media sosial,” ujarnya.

“Disinyalir ada pihak-pihak tertentu yang menyebarkan informasi tanpa mempertimbangkan dampak buruk kepada masyarakat,” katanya yang juga Divisi Hukum dan Humas Bawaslu Kota Tasikmalaya ini.

Ketua Pelaksana Diskusi, Banyu Giri Setra mengatakan peserta diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman. Terutama meningkatkan keaktifan masyarakat untuk lebih bijak dalam menyerap informasi yang tersebar di media sosial.

“Banyak sekali isu – isu hoaks yang tersebar dalam kontestasi pemilu 2019 ini,” katanya.

“Begitupun untuk meningkatkan angka partisipatif masyarakat dalam pemilu. Sehingga pemilu yang damai dan berkualitas bisa tercapai. Peran mahasiswa milenial ini tidak bisa terpisahkan,” ujarnya menambahkan.

Pada kesempatan tersebut tampak hadir sejumlah narasumber mulai dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Pemerintah Kota Tasikmalaya, dan Dinas Komunikasi dan informasi Kota Tasikmalaya. 

• Ida 
Berita Menarik Lannya

Berita Terkini