Breaking News

Dinkes Boltim Sabet Juara 1 Inovasi pelayanan Publik

loading...

Dinkes Boltim Sabet Juara 1 Inovasi pelayanan Publik

LintasTotabuan.com, Boltim - Dalam rangkaian Kegiatan Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), juga diadakan pemeran inovasi pelayanan publik yang diikuti oleh seluruh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten/kota dan seluruh RS se-Sulut bertempat di Hotel Peninsula Manado, Kamis (18/10/2018).

Dinkes Boltim melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Nuangan, berhasil meraih juara 1 Inovasi Pelayanan Publik dengan Program LABABA ( LAhir BAyi Bawa Akte ).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boltim,  Eko Marsidi SKM MM mengatakan, program LABABA ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akte lahir karena semuanya diurus oleh tenaga kesehatan.

“Kalau persalinan dilaksanakan di Puskesmas atau sarana kesehatan lainnya maka akte kelahiran akan diurus oleh tenaga kesehatan sehingga ketika bayi lahir dan sudah diberikan nama oleh keluarga, maka dalam waktu 1x 24 jam akte kelahiran akan segera didapat oleh keluarga pasien,” ujar Marsidi.

Program Lababa ini lanjut Marsidi, sudah dilaksanakan di Puskesmas Nuangan sejak 2017 dengan tujuan meminimalisir angka kematian, dan memudahkan untuk mendapat akte serta memaksimalkan kunjungan ibu hamil  untuk pemeriksaan kesehatan.

“Program LABABA bertujuan untuk meminimalisasi angka kematian Ibu dan Bayi baru lahir, memberikan kemudahan kepada keluarga untuk mendapatkan Akte Kelahiran serta
memaksimalkan kunjungan ibu hamil dalam pemeriksaan kesehatan K1 sd K4,” jelas Mantan Kabag Humas ini.

Diketahui kegiatan tersebut bekerjasama dengan Dinas Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Boltim. 

(Sumber: LensaSulut.com)

Tidak ada komentar