Rabu, 29 Agustus 2018

Dinas Kesehatan Menggelar Simulasi Pelayanan Ambulan Hebat

Dinas Kesehatan Menggelar Simulasi Pelayanan Ambulan Hebat

Lambar - Simulasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Barat (Lambar)Dalam Upaya penyelamatan jiwa oleh tim ambulan terhadap warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan kedaruratan secara gratis oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. Kegiatan tersebut belangsung di aula Dinas Kesehatan, selasa(28/8/18).           

Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala   diBidang Pelayanan Kesehatan Ruspan Ali, Skm, Kepala Dinas Kesehatan paijo, Sekretaris Daerah Akmal Abdul Nasir, Kepala Puskesmas, Kepala Bidang SDK (sumber daya kesehatan) Mat suhyar,S.ip.Peserta Simulasi Pelayanan Ambulan Hebat Tahun 2018 berjumlah 84 peserta terdiri dari 54 peserta Tim Ambulan hebat, 10 peserta kepala Puskesmas, 10 Dokter Konsulen Ambulan Hebat Tahun 2018 , 10 peserta Pengelola Program Rujukan.

Berikut sambutan Bapak Sekretaris Daerah Akmal Abdul Nasir mengatakan salah satu upaya untuk menanggulang kasus  gawat darurat medik adalah dengan menyediakan pelayanan ambulan hebat. Ambulan hebat tahun 2018 Kabupaten Lampung Barat yang telah  launcing pada tanggal 1 Agustus 2018 dengan TIM Ambulan Hebat berjumlah 54 tenaga.Maka perlu adanya simulasi agar terlahir tenaga ambulance hebat yang terampil, profesional dan kompeten. Simulasi tidak terlepas pada bidang-bidang tekhnisnya.Bapak Bupati Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin beliau berdua  didalam membangun Kabupaten Lampung Barat yang hebat punya program, punya misi. Pertama beliau punya visi dan misi, misi ini akan dituangkan khususnya kepada yang melayani ambulan hebat, baik tenaga perawat, bidan dan driver.Perlu ditekankan adanya kesiapan kepada masing masing petugas dalam melayani masyarakat, ungkapnya”.

Kemudian menurut permenkes RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Sistem Penanggulan Gawat Darurat  Terpadu dibutuhkan tindakan medis dalam waktu segera untuk menyelamatkan nyawa dan pencegahan kecacatan Korban/ pasien Gawat Darurat. Dengan tersedianya tim ambulan hebat diharapkan dapat menunjang upaya dalam memberikan respon yang cepat dan tepat dalam memberikan pertolongan. Sejalan dengan visi ambulan hebat yaitu memberikan pelayanan kesehatan dan Kegawat daruratan Mobile yang optimal terhadap masyarakat Lampung Barat.  Simulasi Pelayanan Ambulan hebat 2018 dengan tujuan agar terlaksana nya program ambulan hebat tahun 2018.

(Komar)
Don't Miss

Menarik Lainnya