Breaking News

Inspektorat Minut Agendakan Pemeriksaan DD/ADD

loading...
Kepala Inspektorat Minut, Umbase Mayuntu
Kepala Inspektorat Minut, Umbase Mayuntu

Minut - Inspektorat kabupateh Minahasa Utara (Minut) mengagendakan pemeriksaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017 mulai maret mendatang. 

Hal ini dikatakan kepala inspektorat Umbase Mayuntu, saat ditemui Senin (26/2), dikantor Bapelitbang Minut.

Umbase mengatakan, pemeriksaan dana desa ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyimpangan atau temuan lainnya atas penggunaan DD dan ADD di masing-masing desa. 

Terkait pemeriksaan tersebut, pihaknya meminta seluruh hukum tua untuk mempersiapkan dan merampungkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj), paling lambat awal maret.

“Kami akan melakukan pemeriksaan mulai akhir maret hingga april, untuk itu LPj penggunaan dana DD dan ADD harus disampaikan paling lambat awal maret.”kata Umbase.

Umbase menjelaskan, pihaknya sudah melalukan pemeriksaan DD dan ADD tahap 1 di 125 desa sejak oktober 2017 lalu. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, kata dia, telah mengecek fisik pembangunan dari realisasi DD dan ADD tahap 1 bersama tim dilapangan dan tidak ditemukan adanya penyimpangan.

“Selain itu masalah kelengkapan administrasi meskipun belum sepenuhnya lengkap dari 125 desa yang ada di Minut namun kami tetap melakukan pemeriksaan dan pembinaan terhadap penggunaan DD dan ADD,” ujarnya.

Umbase juga menuturkan jika pihaknya berupaya memberikan perbaikan jika penggunaan DD dan ADD dianggap tidak wajar. Dalam pemeriksaan tersebut ada beberapa tim yang diturunkan ke lapangan yang melakukan pemeriksaan di 10 kecamatan.

“Secara cek fisik sampel sudah dilaksanakan untuk pemeriksaan administrasi LPj, nantinya pada awal akhir maret akan kami lakukan audit reguler dan saat ini ada sebagian desa yang masih melengkapi administrasinya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, inspektorat berharap agar penggunaan DD dan ADD dapat direalisasikan tepat sasaran dan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. (**)

Tidak ada komentar