Selasa, 29 Agustus 2017

BPK Bidik Dandes, September Turun di Mitra

BPK Bidik Dandes, September Turun di Mitra
banner 468x60
Robert Rogahang, Kepala Inpektorat Mitra
Robert Rogahang, Kepala Inpektorat Mitra
Mitra, LintasTotabuan.comPara hukum tua (Kumtua) harus siaga. Sesuai intruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), KPK maupun BPK RI siap membidik dugaan penyelewengan dana desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD).
“Mulai bulan September depan, BPK akan turun di daerah ini,” kata Kepala Inpektorat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Robert Rogahang kepada para wartawan di Ratahan, Senin (28/08/2017).
Rogahang tak menampik, kedatangan auditor BPK Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) di Mitra kali ini juga akan memeriksa keabsakan laporan penggunaan ADD dan Dandes. “Kabarnya begitu. Yang pasti, bulan depan auditor BPK sudah menjadwalkan turun di daerah ini,” ujarnya.
Sementara itu, pengelolaan ADD dan Dandes kini ramai disorot masyarakat. Meski bangga dengan kemajuan pembangunan infrastruktur desa selang sekitar 2,5 tahun terakhir, namun tak sedikit laporan masyarakat kalau penggelolaan Dandes banyak yang terindikasi disalahgunakan oleh oknum Kumtua selaku kuasa pengguna anggaran (KPA).
Tak hanya di daerah ini, sinyalemen tersebut kini telah menjadi isu nasional, sehingga mendorong Presiden Jokowi meminta aparat penegak hukum maupun instansi terkait seperti BPK untuk melakukan audit pengelolaan Dandes.
“Kami telah mendapat informasi dari BPK Perwakilan Sulut, kalau mulai bulan September akan turun ke Mitra untuk melakukan audit terhadap pengelolaan Dandes yang bersumber dari dana pusat,” kata Rogahang.
Berapa lama para auditor BPK bertugas di Mitra, menurut Robert, sampai sekarang belum ada pemberitahuan atau kepastian dari pihak BPK. “Saya belum mendapat informasi kalau sampai kapan mereka melakukan audit pengelolaan Dandes di Mitra,” ujarnya.
Oleh karena itu, ia berharap, pemerintah desa dapat menyiapkan seluruh dokumen terkait pengelolaan Dandes, jangan sampai ada yang terlewatkan. “Saya berharap pemerintah desa dapat bersikap koorporatif,” papar Rogahang. (Tet)
Don't Miss

News Feed