Breaking News

46 Desa Di Boltim Lolos Verifikasi Dandes dan ADD

loading...

BOLTIM, LINTASTOTABUAN.COM - Proses verifikasi berkas pencairan dana desa (Dandes) dan Anggaran Dana Desa (ADD) tahap I (satu) masih terus berlangsung. Tercatat, sudah 46 desa dari 81 desa di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah lolos verifikasi berkas pencairan. 
Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, Mursid Potabuag.
“Sejak tanggal 13 Juni, 46 desa yang memasukan berkas. Itu menyebar di seluruh kecamatan di Boltim. Masih ada 35 desa yang sementara diverifikasi berkasnya. Yang pasti, pencairan dandes hanya bagi desa-desa yang telah memasukan kelengkapan berkas dan telah lolos verifikasi,” katanya.
Selain itu, dirinya menjelaskan, dandes yang dicairkan ditahap satu ini sebesar Rp63 miliar lebih. Sedangkan untuk Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp34 miliar lebih. Jika ditotal kurang lebih Rp98 miliar.
“Rata-rata desa yang mendapatkan dana tersebut, enam sampai tujuh ratus juta rupiah per desanya,” ujarnya.
Ia pun mengingatkan kepada para kepala desa (Sangadi), sesuai dengan penegasan Bupati Sehan Landjar, agar para sangadi dapat menggunakan dana tersebut sesuai perencenaan yang telah dibuat.”Perintah bupati sudah jelas. Gunakan dana tersebut sebaik mungkin. Jangan diselewengkan. Jika dikemudian hari ditemukan didapati ada penyimpangan, maka masalah tersebut bermuarah ke proses hukum,” tegasnya.
Sementara, Sangadi Motongkad Selatan mengatakan Dandes dan ADD yang bakal diterima desanya sebesar Rp700 juta, dan rencana pemanfaatan dana tersebut diperuntukan untuk pembuatan infrastruktur jalan dan pemberdayaan lainya.
”Sesuai perencanaan kami akan membuat jalan paving block, total anggaranya Rp124 juta. Kemudian dua buah MCK, Rp72 juta. Masih ada beberapa lagi rencana pemanfaatan anggaran itu yang kemi telah buat. Berkas kami saat ini sedang diverifikasi  Dinas PMD. Selanjutnya kami akan mendapat surat pengantar dinas untuk pencairan dana itu,” katanya. (*)

Tidak ada komentar