-->

ads

Kamis, 29 Juni 2017

  • Follow us

Jalur Wisata Puncak Bogor Macet Hingga 5 Kilometer, Karena Dipadati Wisatawan

Jalur Wisata Puncak Bogor Macet Hingga 5 Kilometer, Karena Dipadati Wisatawan
Tampak Antrian Kendaraan menuju wisata puncak bogor

LintasTotabuan.com - Empat hari usai Lebaran, kawasan wisata Puncak, Bogor terus diserbu ribuan kendaraan, baik roda dua, empat serta bus pariwisata pada Kamis (29/06/2017). Akibatnya antrean kendaraan yang didominasi plat B (Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok) mencapai 5 kilometer.

Antrean kendaraan ini tepatnya mulai terjadi di Km 43 Tol Jagorawi hingga Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor.  Guna menghindari kemacetan parah akibat penumpukan kendaraan yang datang dari arah Jakarta menuju Puncak sejak pukul 06.30 WIB, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor memperlakukan one way (sistem satu arah) dengan memprioritaskan kendaraan dari Jakarta ke Puncak.

"Proses one way kita berlakukan bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak dimulai 07.30 WIB. Di mana kendaraan yang dari atas Puncak sedang dilakukan pengurasan/pendorongan ke bawah sedang diwilayah Puncak Pass disekat semua arus dari arah Cianjur," kata Kapolres Bogor AKBP AM Dicky, Kamis (29/06).

Dicky menjelaskan, kawasan Puncak sejak  pukul 06.30 WIB terus dipadati para wisatawan yang hendak berlibur ke sejumlah objek wisata. "Adapun one way ke arah Puncak ini akan diberlakukan hingga pukul 11.00 WIB baru kemudian dinormalkan menjadi dua arah lagi, selanjutnya pukul 3.30 WIB akan dilakukan one way dari arah Puncak menuju Jakarta," katanya.

Seperti dua hari sebelumnya, kendaraan roda dua diprediksi hari ini akan kembalimemadati jalur Puncak, sebanyak dua kali lipat dari sebelumnya. 

"Sehingga bila terhenti sebentar akan terlihat bergerombol dan memperparah kondisi arus lalu lintas yang memang kondisinya sudah macet akibat banyaknya kendaraan keluar masuk objek wisata dan tak seimbangnya volume kendaraan dengan kapasitas jalan," paparnya.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama menjelaskan, sebagian besar kendaraan yang datang dari arah Jakarta ke Puncak itu memadati sejumlah objek wisata favorit diantaranya Taman Wisata Matahari (TWM), Water Park Cipayung."Sehari objek wisata tersebut bisa menyedot 18-20.000 pengunjung saat libur panjang maupun akhir pekan seperti ini, " kata  Hasby, Kamis (29/06).

Selain itu lanjut dia, banyak juga masyarakat yang memadati kawasan wisata Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor dengan estimasi kunjungan per hari nya mencapai 8-10.000 orang. "Banyak juga masyarakat yang memilih berlibur dengan menikmati hotel dan vila besar di Puncak, sehingga wajarsaja antrean kendaraan dari kedua arah mengalami kepadatan," jelasnya.

Sumber: sindonews.com
Berita Menarik Lannya

Berita Terkini