Breaking News

Calon Hukum Tua Dua di Desa Kabupaten Minahasa Belum Dilantik

loading...


TONDANO, LINTASTOTABUAN.COM - Sebanyak 47dari 49 desa yang menyelenggarakan pemilihan Hukum Tua di Minahasa sudah miliki Hukum Tua definitif lantaran sudah diantik, sementara dua calon terpilih di dua desa yang juga menyelenggarakan pemilihan belum dilantik lantaran ada masalah.

Dua desa tersebut adalah Lemoh dan Tounelet, lantaran ada laporan politik uang pada proses pemilihan hukum tua, sehingga Pantia Pilhut Kabupaten dan Dinas PMD Minahasa melakukan pemeriksaan.

Namun hingga hari terakhir pelantikan, dua desa tersebut belum masuk dalam daftar pelaksanaan pelantikan.

"Dua desa tersebut sudah dilaksanakan pemilihan, namun ada masalah dari laporan warga dan sementara diselesaikan," jelas Bupati Minahasa Jantje Sajow.

Ia menambahkan, menurut aturan masalah harus diselesaikan dan diberi waktu 30 hari, setelah itu baru dibuat keputusannya apakah akan dilantik atau tidak.

"Ini kan sudah lewat dari 30 hari, dan tinggal menunggu hasilnya, kalau sudah terbit SK semoga secepatnya bisa dilakukan pelantikan supaya dua desa ini segera miliki Hukum Tua definitif," jelasnya.

Seharusnya pelantikan sudah bisa dilakukan jika SK sudah ada, namun yang berwenang untuk mengeluarkan keputusan dan pembuatan SK yaitu panitia Kabupaten seperti Asisten I dan Kadis PMD saat ini sementara berlibur ke Amerika bersama tim kesenian Kabupaten Minahasa. (Amg/TribunManado.com)

Tidak ada komentar