Rabu, 02 Maret 2016

Tampung Aspirasi MLT, PT. CONCH Gelar Forum Kunsultasi dan Sosialisasi

Tampung Aspirasi MLT, PT. CONCH Gelar Forum Kunsultasi dan Sosialisasi
banner 468x60

PT CONCH saat menggelar Forum Konsultasi dan Sosialisasi dengan MLT.

FajarTotabuan.com - Terjalinnya kerjasama yang baik dan kesepahaman dalam menyampaikan ide, saran, kritikan, solusi, bahkan sampai pada permintaan atau deal-deal lainnya, antar PT. Conch North Sulawesi Cement dengan Masyarakat Lingkar Tambang (MLT), maka pada Rabu (02/03) sore tadi, PT. Conch menggelar Forum Konsultasi dan Sosialisasi Publik.

Forum konsultasi dan sosialisasi publik ke MLT tersebut melibatkan, masyarakat Kelurahan Inobonto 1, Desa Solog, Desa Diat dan Desa Tandu. Dengan rangkain acara yang berlangsung ramai di Ruang Rapat PT. CONCH, Desa Solog ini.

Selain memaparkan kerja-kerja yang akan dilakukan pihak perusahaan, juga mendiskusikan aspirasi dan keluhan-keluhan masyarakat terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), untuk dikaji pihak konsultan nantinya.

"Jadi, dalam operasional nanti, kami akan mengkontruksi dan mengangkut material semen berkapasitas 5.000 ton/hari," ujar Mr Wang, saat mengawali perbincangan.

Sehingga, lanjutnya dikatakanya, PT CONCH akan membangun fasilitas penunjang kerja-kerjanya nanti.

"PT CONCH akan memproduksi semen 4 juta ton/tahun. Oleh karenanya, kami akan membuat terminal khusus (pelabuhan) dan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), 20 kvA," ujar Wang, yang ditranslate oleh Mrs. Lulu.

Konsultan AMDAL PT CONCH, Dr Djaelani Husain mengatakan, bantuan dan dukungan dari masyarakat sangat diperlukan. Sebab, kerjasama ini adalah kerjasama masyarakat, daerah dan negara.

"Ini juga kerjasama Indonesia dan China. Kita harus dukung, sebab pabrik semen yang ada di Indonesia, hanya ada di 4 daerah. Yakni di Kalimantan, Makasaar, Papua dan Solog," papar Djaelani.

Diskusi pun terjadi dan berlangsung ramai. Banyak sekali pertanyaan dan masukan-masukan yang dilontarkan masyarakat. Di antaranya, terkait pembebasan lahan, perekrutan tenaga kerja sampai pada dampaknya terhadap lingkungan. Mereka berharap, agar hasil-hasil diskusi hari ini menjadi catatan penting oleh pihak CONCH.

Sebagai informasi, Masyarakat Lingkar Tambang yang perwakilannya tidak hadir dalam sosialisasi tersebut, yakni perwakilan Desa Diat. (zaCk)

Don't Miss

Berita Terkini