Header Ads

Breaking News

Raih WTP Dari BPK, Bupati Batu Bara Jelaskan Kontribusi TBUPP

loading...

Bupati Batubara Ir Zahir MAP (kanan)  bersama ketua TBUPP Saiful Syafri

BATU BARA, LintasTotabuan.com  l

Bupati kabupaten Batu Bara Ir Zahir MAP mengatakan, Tim Bupati untuk Percepatan Pembangunan atau TBUPP telah memberikan kontribusinya dalam membantu mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Pemkab Batu Bara tahun 2018.

Tim tersebut dibentuk agar dapat merangsang percepatan programnya dimasa mendatang.

Dalam hal ini Bupati Batubara Zahir telah menunjuk mantan Pj Bupati Batu Bara, Syaiful Safri untuk memimpin TBUPP.

Selanjutnya, percepatan pencapaian opini WTP itu, dikatakan Zahir dalam Efektivitas dari laporan yang telah disingkronisasikan sebelumnya oleh TBUPP sangat membantu dalam mengontrol kinerja OPD dalam meraih opini WTP tersebut.

“karena kan beliau (Syaiful Safri) sudah berpengalaman dalam bidang ini,  sudah berpuluh-puluh tahun melanglang buana mengurusi birokrasi” ujar Zahir kepada Wartawan, Senin (13/5/2019) di Lima puluh.

Pemerintah Batu Bara sebelumnya, kata Zahir, sudah sebelas tahun berturut-turut hanya mampu memperoleh predikat wajar dengan pengecualian (WDP). 
“Namun setelah hadirnya TBUPP ini dapat membantu merubah pola lama itu” Katanya.

Tak lama setelah dilantik, Zahir pun menugasi TBUPP untuk menyingkronkan semua laporan yang diterima dari OPD, tiap pekan tim TBUPP mengadakan road to WTP, memimpin, memberikan arahan dan mimbingan perbaikan kepada OPD.
Zahir juga menambahkan opini WTP itu juga dicapai atas kerja keras dari seluruh jajarannya.

Zahir memastikan, tugas TBUPP itu tak akan terbentur dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pasalnya, TBUPP ini berdasarkan peraturan Bupati (Perbub) nomor 13 tahun 2019  mempunyai peranan khusus, yakni membantu Bupati dan wakil Bupati sekaligus dalam bekerja.
Zahir menegaskan, tim tersebut akan berinteraksi dengan Organisasi Perangkat Daerah secara langsung.

Mereka, kata Zahir, hanya mengoordinasi dan mensupervisi untuk memastikan semua yang menjadi rencana dapat sinkron dengan pelaksanaannya.

Untuk itu, atas opini yang didapatkan dari BPK itu, Zahir menilai kinerja TBUPP selama kurang lebih empat bulan terakhir ini sudah menunjukan urgensinya.

Menurut dia, rencana kerja TBUPP pelan-pelan sudah mulai tercapai dan mampu menorehkan sejarah baru bagi kemajuan kabupaten Batubara ini. (ltc)  

loading...

Tidak ada komentar