Breaking News

Gagal Caleg 2019, Bukan Gagal Faham Untuk Percepatan Pembangunan Di Batu Bara

loading...

Dalam upaya pelaksanaan percepatan pembangunan kabupaten Batu Bara yang sudah berusia 11 tahun lebih, mekar dari Kabupaten Asahan (2007), merupakan suatu hal yang wajar menjadi perhatian kita bersama, semua komponen, elemen, tokoh masyarakat dan cerdik pandai.

Pembangunan yang sudah terlaksana, sedang dan akan dilanjutkan, kelihatan belumlah terealisasi sesuai harapan yang didambakan masyarakat sejalan dengan tujuan mulia pemekaran Batu Bara itu sendiri. 

Hal ini tidaklah terlepas dari keragaan pemegang kebijakan yang dalam hal ini adalah Bupati Batubara sebagai  pimpinan Daerah. Kebijakan yang diambil oleh kepala daerah tidak pula lepas dari keragaman dan keragaan pihak eksekutif (OPD), pihak Yudikatif (hukum/ keamanan) terlebih lagi pada keragaman dan keragaaan pihak Legislatif (Dewan Yang Terhormat) Sebagai penyambung, penyeimbang, penyumbang dalam proses percepatan pencapaian pembangunan secara menyeluruh bagi masyarakat di Batu Bara

Disamping itu pula diikuti oleh pelaksana/ penerima manfaat dari proses pembangunan yaitu dalam hal ini adalah masyarakat Batu Bara. 

Disadari bahwa secara keseluruhan sebagian besar masyarakat Batu Bara berada pada kawasan pesisir pantai dengan di dominasi mata pencarian sebagai nelayan atau berafiliasi dengan aktifitas kelautan/ perikanan. Hal ini tergambar pada karakteristik masyarakat yang berada pada kawasan tersebut berbeda sangat nyata (signifikan) keragaman karateristik masyarakat yang mendiami kawasan wilayah luar kawasan pesisir pantai.

Pada kondisi demikian tentu perencanaan pembangunan yang diprogramkan oleh OPD terkait dan kebijakan yang diambil oleh kepala Daerah sangat erat kaitannya dengan peran serta utama pada keragaman dan keragaan Dewan Terhormat, diikuti Yudikatif maupun sebagai pelaksana dan penerima manfaat  yaitu Masyarakat Batubara. (ltc) 


Ir. Azwar Hamid M.Sc

~ Mantan Staff Tehnis Agromarine Politan Prov. Sumatera Utara

~ Mantan Ka. Dinas Kelautan Perikanan 2009-2011.

~ Mantan Ka. Bappeda Batubara 2011-2012. 

~ Saat ini Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia Kabupaten Batu Bara, Periode 2019-2023.

loading...

Tidak ada komentar