Breaking News

Antisipasi Tingginya Angka Kematian Ibu Dan Bayi, TP PKK Batu Bara Bentuk RPI

loading...

BATU BARA, LintasTotabuan.com  l

Dalam upaya menekan tingginya Angka Kematian Ibu dan Bayi saat kelahiran, Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Batubara akan membentuk Relawan Pendamping Istri (RPI).

“Peran serta TP PKK dalam penurunan kematian ibu dan bayi saat melahirkan, salah satunya pembentukan relawan pendamping istri,” Kata Ketua TP PKK Kabupaten Batubara Maya Indriasari Zahir saat paparan dalam acara workshop kampanye kesehatan ibu dan bayi baru lahir untuk mendukung upaya penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Sumatera Utara, di Hotel Santika dyandra, Medan, Kamis (16/5/2019).


Dikatakannya, inti tugas relawan pendamping istri yaitu satu relawan akan mengajak minimal 10 suami untuk ikut mendampingi istri selama proses kehamilan sampai melahirkan dengan selamat dan sehat.

Menurut nya, tugas relawan pendamping desa nantinya akan dibagi dalam beberapa kelompok kerja. Diantaranya ; kelompok kerja 1 bertugas mengajak masyarakat untuk mengikuti penyuluhan pola asuh anak dan remaja (PAR).

Selanjutnya, kelompok kerja 2 bertugas mengajak suami untuk mengikuti program bina keluarga balita (BKB). Kelompok 3, memberikan penyuluhan pada suami dan istri tentang kebutuhan zat gizi selama kehamilan serta bahaya bahan pengawet dan zat pewarna pada makanan dan minuman (B2SA).

Sedangkan kelompok kerja 4, mengajak suami untuk terlibat di posyandu, mendampingi ibu ke kelas hamil dan memeriksakan kehamilan setiap bulannya.

“Relawan pendamping istri ini akan segera kita bentuk. Mulai minggu depan akan kita kumpulkan untuk membahas ini,” katanya.

Dengan terbentuknya Relawan Pendamping Istri, kedepan Batu Bara tidak menjadi penyumbang tingginya AKI dan AKB di Sumatera utara, pungkasnya. (ltc) 

loading...

Tidak ada komentar