Breaking News

Puluhan Ribu Bibit Kakao Bakal Disalurkan Dinas Pertanian Ke Petani

loading...


Boltim, LintasTotabuan.com -- Tahun ini, Dinas Pertanian kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim),  miliki beberapa program diantaranya, pengadaaan tanaman kakao sambung pucuk, serta pengadaan mesin bor untuk batang kelapa.

Ha tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian Boltim, melalui Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Kusno Mamonto bahwa pihaknya di tahun 2019 ini, mempunyai sejumlah program antara lain, pengadaan pohon kakao sambung pucuk dan mesin bor batang kelapa.

"gunanya, untuk penanganan serta pencegahan hama pohon kepala. Misalnya jika ada serangan hama kelapa maka, kita lakukan pemboran lalu diisi dengan obat anti hama kelapa. Itu ada 2 unit kita adakan, dengan anggaran Rp 4 juta per unit bersumber dari APBD. Kalau bibit kakao sambung pucuk, ada 4 kelompok yang sudah masuk dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) APBD senilai Rp 20 juta. Jadi per kelompok, nantinya mendapatkan 900 pohon kakao. Penyalurannya kita belum bisa pastikan, tetapi kita upayakan bakal tersalur dalam waktu dekat ini. Ditahun lalu, (2018-red) ada 5 kelompok masing-masing kelompok dapat bantuan 800 pohon" papar, Kusno diruang kerjanya Kamis (17/01)

Lanjut Dia katakan, pihaknya juga sudah mendapat informasi dari APBN provinsi ada sekitar 500 Hektare (Ha) untuk bantuan bibit cingkeh. rincian total jumlah pohon (bibit-red), kita belum tahu sebab, kita masih menunggu informasi selanjutnya.

"jika bantuan bibit cingkeh sudah bisa dipastikan maka, penyalurannya disesuaikan dengan potensi masing-masing kecamatan dan desa. Pasalnya, tidak semua wilayah di Boltim berpotensi tanaman cingkeh. Kita punya koordinator balai penyuluhan pertanian dilapangan pada setiap kecamatan dan mereka, paling tahu soal potensi tanaman. Dalam 500 Ha tersebut, terdapat kegiatan rehabilitasi dan perluasan tanaman cingkeh. Serta didukung program pengembangan tanaman rempah" Terang, Kusno siang tadi kepada media ini

(Fares)
loading...

Tidak ada komentar