Breaking News

Bupati Lampung Barat Memotong Tumpeng untuk Memperingati Hari Ibu Ke 90, di Aula Kagungan

loading...


LintasTotabuan.com, Lampung Barat - Puncak peringatan hari ibu ke 90 di Kabupaten Lampung Barat dilaksanakan di Aula Kagungan Lambar, Rabu (19/12/18). Peringatan hari ibu kali ini bertema ”Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa”.

Turut hadir, Dandim 0422 Letkol Kav Adri Nurcahyo, Perwakilan Kapolres Lambar,  Sekretaris Daerah Lambar Akmal Abd Nasir, SH.,  Assisten dan Staff Ahli,  Kepala OPD, Ketua PKK, Ketua IKAD,  Ketua Bhayangkari,  Ketua Persit,  Ketua GOW,  Ketua DWP,  dan organisasi wanita Kabupaten Lampung Barat

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengatakan "Posisi strategis kaum perempuan atau kaum ibu sebagai pendamping suami dan kaum bapak, juga bertanggungjawab dalam membina dan membangun masyarakat,  kita sangat menyadari bahwa pada hakikatnya masyarakat terbentuk dan di bangun dari unit terkecil dari masyarakat yaitu keluarga. Kesetaraan gender saat ini dapat menjadi penguat peran perempuan sehingga peran kaum ibu sangat penting dalam menciptakan keluarga-keluarga yang tangguh dan berkualitas", tandasnya saat menghadiri peringatan hari ibu tersebut.

Menurut dia, ibu dalam keluarga adalah sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya.  Hal ini sesuai dengan pesan penting ajaran berbagai agama dan hasil kajian ilmiah yang menempatkan seorang ibu dalam keluarga adalah sebagai pendidik. Artinya, proses penanaman nilai-nilai hidup dan pembentukan karakter anak, yang kelak akan melesat mengisi masa depan, sangat bergantung pada fungsi dan peran seorang ibu. Secara umum peran dan kiprah kaum perempuan juga makin menampakkan kemajuan dan kesetaraan gender pada berbagai aspek kehidupan baik bidang politik, sosial ekonomi dan budaya.

Oleh karena itu, kaum perempuan identik dengan pembangunan,  ditambah lagi dengan makin berkembangnya wawasan kesetaraan dan keadilan gender dalam perspektif pemberdayaan perempuan pada semua aspek pembangunan. Ia juga mengatakan perlunya peningkatan partisipasi perempuan dalam bidang yang sebelumnya dikuasai oleh laki-laki dan terkait digitalisasi ekonomi di masa mendatang seperti sains, teknologi, teknik maupun matematika.

"Jangan lagi gagap teknologi, karena saat ini perempuan layak untuk bersekolah ke teknik, sains maupun matematika untuk belajar mengenai komputer atau programming, selain agar bidang ini tidak lagi eksklusif hanya untuk laki-laki," katanya.

Parosil mengharapkan, untuk meneguhkan tekad dan komitmen kaum ibu dan perempuan untuk meningkatkan perannya dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Lampung Barat. oleh karena itu untuk mencapai hal tersebut diperlukan organisasi kewanitaan yang solid dan kreatif serta beraktivitas dibidang sosial kemasyarakatan seperti pendidikan, dakwah, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi keluarga," tutupnya. 

(Meri)
loading...

Tidak ada komentar