Breaking News

Buah Hati Anda Susah Makan? Ini Solusinya

loading...

Opini, LintasTotabuan.com - Kesulitan makan pada anak merupakan masalah yang sangat mendasar dan sangat kita para orang tua tidak sukai. Terkadang, ketika seorang anak sangat sulit mengunyah makanan yang kita suapkan ataupun kita sediakan untuk mereka itu membuat kita frustrasi dan bingung, kenapa anak kita susak makan. 

Sejak itu, biasanya kita akan mencoba berbagai cara seperti menyediakan penambah nafsu makan herbal dan berburu makanan favorit anak-anak setiap hari. Masalah gangguan makan pada anak juga membuat saya yang sejak kecil bahkan sampai sekarang masih susah untuk makan. Berikut detailnya.

1. Sediakan camilan sehat

Salah satu hal yang menjadi perhatian orang tua adalah perkembangan anak jika ia tidak mau makan. Tentu saja, ketika anak-anak pemakan rewel maka pertumbuhannya akan terhambat dan mungkin pertumbuhan baik fisik maupun psikisnya tidak sama dengan anak-anak lain yang seumurannya. Salah satu cara terbaik untuk mempertahankannya adalah dengan mencoba memberikan camilan sehat bernutrisi. 

Berikan camilan menarik seperti kacang, buah kering, dan roti bergizi. Dalam hal ini, buah saya sangat sarankan untuk membantu membangkitkan nafsu makan anak. Terutama buah-buah yang biasanya disukai oleh anak-anak, seperti Apel, Jeruk, Mangga dan lain-lain yang gampang dikenali oleh anak-anak.

2. Berkumpul bersama keluarga

Jangan biarkan anak makan sendirian dan kita perlu menciptakan suasana kebersamaan ketika si anak sudah waktunya makan. Misalnya, anda dan suami anda berada di atas meja lalu makan makanan bersama. Dengan suasana kebersamaan, maka nafsu makan anak akan terjadi perlahan. Kita juga bisa mengajak anak-anak kita untuk berlomba. 

Misalnya anda beradu cepat untuk menghabiskan makanan masing-masing dengan anak dan suami anda. Hal ini mungkin bisa memnyebabkan anak anda lebih bersemangat untuk makan.

3. Ragam makanan dan penampilan yang bagus

Anak-anak sangat menyukai bentuk-bentuk makanan yang unik dan menarik baginya. Barangkali, ia membutuhkan berbagai makanan yang selera makannya ia miliki. Misalnya, Anda bisa memberi bayam pada hari pertama, brokoli pada hari kedua, dan hidangan ayam di hari berikutnya. 

Beragam makanan adalah hal yang sangat penting untuk mencegah anak-anak dari kebosanan dan keinginan untuk tidak makan. 

Selain kita memberikan makanan-makanan yang beragam, kita juga bisa memodifikasi makanan tersebut agar anak-anak lebih tertarik. Misalnya, menggoreng telur dengan bentuk love, membuat potongan sosis dengan bentuk spiral, memasak wortel untuk membentuk bintang atau objek unik. 

Anak-anak akan tertarik dengan bentuk dan diyakini meningkatkan nafsu makan. Semoga, beberapa kesulitan makan tips anak di atas dapat membantu anda.

4. Sajikan makanan dengan porsi kecil

Mungkin anak itu tidak suka ukuran porsi yang anda sediakan untuk mereka dan mereka jadi enggan menyantap makanan anda. Banyak anak yang ilfeel setelah melihat porsi yang cukup besar. 

Jadi, cobalah memberi sedikit agar mereka bisa makan lebih cepat dan tidak bosan menghabiskan makanan. Tapi, bukan berarti porsi kecil itu tidak lengkap. Usahakan makanan porsi kecil yang anda sediakan memiliki menu yang lengkap seperti 4 sehat 5 sempurna. 

Semoga, beberapa kesulitan makan tips anak di atas dapat membantu anda.


Penulis: Ade Ferchanain

(Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
loading...

Tidak ada komentar