Breaking News

Waspada!! Terhadap Virus Dalam Cairan Mani Pria

loading...
Waspada!! Terhadap Virus Dalam Cairan Mani Pria
Ilustrasi

Kesehatan, LintasTotabuan.com - Selama ini kita hanya tahu kalau virus yang berada di dalam cairan mani atau semen pria berasal dari penyakit menular seksual. Ketika mani mengenai lawan atau partner seks, virus yang ada di dalamnya akan masuk dengan mudah dan melakukan infeksi perlahan-lahan sampai akhirnya penyakit tumbuh dengan sempurna.

Selain penyakit yang sudah umum menyebar melalui aktivitas seksual, ternyata ada juga penyakit lain yang virusnya berada di dalam cairan mani. Adanya virus ini cukup mengejutkan peneliti karena sebelumnya mereka hanya mengira virus seperti HIV saja yang ada di sana.

Jenis virus Yang Ada di Dalam Mani

Beberapa jenis virus yang ada di dalam semen terdiri dari 27 jenis. Dari jumlah itu, beberapa yang dianggap berbahaya adalah jenis zika yang bisa menyebabkan gangguan otak pada bayi, Ebola yang bisa mematikan seseorang dalam waktu singkat, Marburg, chikungunya, dan demam Lassa.

Virus yang disebutkan sebelumnya menularkan biasanya menyebar melalui udara atau gigitan nyamuk. Selain perantara itu, jarang sekali terjadi penularan lewat aktivitas seksual baik itu vaginal, anal, atau oral. Jadi, adanya virus di dalam cairan mani cukup memberi kejutan sekaligus kewaspadaan.

Kemungkinan Penyebaran Virus

Oh ya, virus yang berasal dari penyakit non sexual transmitted akan susah menular secara seksual. Jadi, dari 27 virus yang ditemukan di dalam cairan mani tidak semuanya bisa menular melalui aktivitas seksual.

Meski demikian, kemungkinan penyakit menular melalui aktivitas seks masih ada meski kemungkinannya kecil. Misal di dalam tubuh atau rongga vagina ada luka sehingga penyakit masuk dari sana dan perlahan-lahan menyebar ke seluruh tubuh.

Terlepas bisa atau tidaknya virus melakukan infeksi, kita sudah sepantasnya untuk waspada.



(Sumber: doktersehat.com)



loading...

Tidak ada komentar