Breaking News

Nelayan Minut, Segera Miliki Kartu Nelayan

loading...
Nelayan Minut Segera Dilengkapi Kartu Nelayan
SADRAK Tairas

MINUT,
LINTASTOTABUAN.COM - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Minahasa Utara (Minut) Ir Sadrak Tairas mengungkapkan, Kartu Nelayan yang menjadi program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI sangat diminati para nelayan di Minut.
Dikatakan Tairas, Kartu Nelayan semakin diminati masyarakat nelayan karena saat ini sudah dilengkapi dengan cash management seperti kartu ATM. “Kartu Nelayan ini ditujukan bagi nelayan kecil. Kegunaannya tak lain untuk memastikan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) benar-benar sampai ke tangan yang tepat dengan alokasi yang benar,” tutur Tairas kepada Fajarmanado.com di Airmadidi, Sabtu (1/7/2017).
Ia menjelaskan, para  nelayan yang memegang Kartu Nelayan tersebut nantinya dapat dilacak di mana lokasi nelayan mereka ketika sedang melaut mencari ikan. Selain akan diketahui volume kebutuhan BBMnya, juga bisa segera diketahui lokasi nelayan tersebut apabila mengalami musibah saat sedang melaut.
“Kartu Nelayan juga akan sangat membantu pemerintah untuk lebih mengetahui berapa hasil tangkapan ikan nelayan, sesuai dengan jarak yang ditempuh nelayan dan kebutuhan BBM dalam jarak yang ditempuh, sehingga ke depan pemerintah bisa mengatur kebutuhan tersebut,” jelas Tairas.
Diungkapkan Tairas, saat ini jumlah Kartu Nelayan yang tersedia baru sebanyak 1.100 lembar. Sementara warga nelayan yang mendaftar untuk memperoleh kartu tersebut sudah mencapai 1.800 orang.
“Kartu yang sementara diproses sekarang berjumlah sekitar 400 lembar. Kami akan kembali melakukan verifikasi lapangan dengan turun ke desa-desa supaya data nelayan yang ada benar-benar valid dan  sesuai. Karena di Minut, ada yang menjadikan profesi nelayan memang untuk mata pencaharian sehari-hari, aAda juga yang hanya musiman. Jadi bagi yang musiman, kami tentunya tidak masukan dalam kategori penerima,” jelas Tairas. (*/Sahril)
loading...

Tidak ada komentar